TNI

Sosialisasi Mitigasi Dan Peran Kodim 0612/Tsm Dalam Penanganan Bencana Alam Diwilayah

KOTA TASIKMALAYA, suaraindependentnews.id – Kodim 0612/Tasikmalaya memberikan sosialisasi Mitigasi Bencana Tahun 2022 dengan tema “Mitigasi Bencana Penangggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya Tahun 2022”.
Respons Cepat Prajurit TNI AD Tanggap Bencana di Tasikmalaya.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di Gedung Juang No 1 yang bertempat di Jalan TMP kusumah Bangsa taman makam Pahlawan, pada Jum’at (10/6/2022), diberikan kepada peserta perwakilan dari 25 koramil perwakilan jajaran kodim Tasikmalaya dan Unit Penangulangan Bencana yang ada di kota Tasikmalaya acara ini dihadiri lk 100 orang.

Dihadapan peserta sosialisasi, selaku Asops kodam III/Siliwangi yang diwakili Letkol inf Agus Indarta(Pabandyalat ops Dam III/Slw) membuka acara sekaligus memaparkan peran TNI khususnya Kodim 0612/Tasikmalaya dalam penanganan mitigasi bencana.
Adapun Tujuan Utama dari mitigasi bencana adalah mengurangi kerugian akibat Dampak bencana dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan mengurangi paparan serta meningkatkan ketahanan masyarakat melalui kesiapsiagaan, Tanggap Darurat dan pemulihan.

Tataran kewenangan TNI diantaranya memberikan bantuan kepada Pemda dalam proses mitigasi wilayah rawan bencana, melaksanakan perintah operasi tugas pasukan reaksi cepat penangulangan bencana tingkat Kodim, mempersiapkan potensi masyarakat dan memperkuat sumberdaya daerah, mempersiapkan sarana dan prasarana di Daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan penangulangan bencana alam, melakukan koordinasi dengan Satuan, Dinas atau Instansi terkait pada tataran BPBD Kabupaten/Kota, serta membantu mengendalikan penangulangan bencana alam di Daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi.

Sementara itu, Kepala BPBD Tasikmalaya Ucu Anwar menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini secara maksimal sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam pelaksanaan penangulangan bencana.
“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas Kodim 0612/Tasikmalaya dengan BPBD Tasikmalaya”, pungkasnya.

Adapun Dalam giat ini di hadiri Oleh Irutum Dam III/Slw Kolonel inf Drs Ari Eka Wahyu Nugroho M.M, Pabandya Lat Letkol Inf Eka Agus Indarta M.Psi, Irdya Intel Letkol Inf M.Taufik S.I.P, Kalak BPBD kota Tasikmalaya Ucu Anwar, Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor inf Candra Suhendra, Pasi lat korem 062/Tn Mayor inf Nirca Zahrudin, para Babinsa jajaran Kodim 0612/Tasikmalaya, Anggota BPBD kota Tasikmalaya dan para peserta Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam. (Pendim, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button