POLRES GARUT-POLDA JABAR

Viral Caleg Tutup Akses Jalan Warga, Polsek Cibatu Polres Garut Terjun Langsung Bantu Mediasi

GARUT-JABAR || suaraindependentnews.id – Menindaklanjuti kejadian pembentengan/penutupan akses jalan gang warga oleh seorang caleg yang diduga kalah dalam pelaksanaan pemilu di Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut, Polsek Cibatu Polres Garut lakukan upaya mediasi/musyawarah, Kamis 29 Februari 2024.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Cibatu AKP Misno Winoto mengatakan jika memang kejadian penutupan akses jalan warga tersebut sempat viral di dunia maya beberapa hari yang lalu, namun sejak hari itu juga sudah ditangani oleh Polsek Cibatu namun belum menemukan titik terang.

Hingga akhirnya pihak Polsek Cibatu bersama Muspika Kersamanah melakukan upaya musyawarah antara pemilik tanah/caleg dan tokoh masyarakat setempat untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Dalam proses musyawarah salah satu caleg itu mengaku tidak ada maksud lain dengan menutup akses jalan apalagi untuk minta ganti rugi, ia hanya bermaksud untuk mendidik supaya warga mengerti tujuan ia mencalonkan caleg hanya untuk kepentingan warga sekitar dan ingin memajukan ekonomi warga jika seandainya ia terpilih.

Memang rumah tersebut jarang ditinggali melainkan hanya sebagai rumah singgah karena ia berbisnis di daerah lain. Ia juga mengatakan ingin bersilaturahmi dengan warga karena ia merupakan putra daerah, menurutnya warga tidak bisa bekerjasama untuk membangun daerahnya sendiri dan lebih mementingkan caleg dari luar daerah dibanding dirinya.

Disaksikan oleh warga dan Muspika Kersamanah beserta Polsek Cibatu Polres Garut, salah satu caleg tersebut bersedia membuka kembali akses jalan yang sempat ia tutup tersebut. Ia berkeinginan untuk lebih intens berkumpul dengan warga dengan difasilitasi oleh tokoh agama, tokoh masyarakat maupun pemerintahan tingkat bawah.

Ia juga meminta maaf jika keputusannya menutup jalan menjadi hal yang kisruh dan membuat seluruh masyarakat menjadi tidak nyaman. Warga pun menanggapi keluhan dari salah satu caleg itu dengan mempersilahkan apabila dirinya ingin berkomunikasi dengan warga dan ucapan terimakasih pun warga sampaikan kepadanya atas jasanya selama ini yang sudah banyak berkontribusi dan permintaan maaf dari warga karena tidak bisa melihat perjuangannya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button