KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tarumanagara Mengikuti Vicon Pengarahan Panglima TNI Tentang Netralitas TNI Dan Penegakan Hukum

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., M. Han., mengikuti Video Converence (Vicon) pengarahan Panglima TNI tentang netralitas TNI dan penegakan hukum di lingkungan TNI serta dilanjutkan pembukaan Bimtek penanganan tindak pidana Pemilu TA 2023. Bertempat di ruang Vicon Korem 062/Tn, Jalan Bratayudha No.65, Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa 12 September 2023.

Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. TNI pun mengeluarkan Buku Saku Netralitas TNI pada Pemilu dan Pilkada yang berlaku di lingkungan TNI agar dapat dipahami, dipedomani, dan dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam pengarahannya menyampaikan supaya netralitas TNI selalu dijunjung tinggi dan tetap berkonsentrasi serta berkomitmen untuk tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI dan melindungi segenap bangsa Indonesia.

“Tugas kita kedepan merupakan tugas yang sangat besar demi kelangsungan bangsa ini, saya berharap agar kita jangan terbawa arus politik yang lepas atau tidak sesuai dengan tugas pokok TNI”, tuturnya.

Selain itu, Panglima TNI juga menyampaikan beberapa Implementasi netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada Tahun 2024 antara lain ;
1. Tidak memihak atau memberikan dukungan kepada Parpol/Paslon.
2. Tidak memberikan fasilitas, tempat/sarpas TNI sebagai sarana Kampanye.
3. Tidak memberikan arahan kepada keluarga prajurit/PNS TNI terkait Pemilu.
4. Tidak memberikan tanggapan terhadap hasil Quick Count dalam bentuk apapun.
5. Atasan/Komandan menindak tegas prajurit/PNS TNI yang terbukti terlibat politik praktis
6. Prajurit/PNS TNI yang mencalonkan diri sebagai calon Legislatif/calon Kepala Daerah harus mengundurkan diri dari dinas TNI.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Kasrem 062/Tn Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.I.P., Kasi Intel Korem 062/Tn Letkol Inf Drs. Jalaludin Haykal., Kasi Ops Korem 062/Tn Mayor Inf Enggar., Kasi Pers Korem 062/Tn Mayor Inf Candra., Pgs Kasiter Korem 062/Tn Mayor Inf Nazwir. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button