MABES POLRI

Tahun Ini Polri Segera Berlakukan SIM C Dalam 3 Golongan

KORLANTAS – MABES POLRI || suaraindependentnews.id – Korlantas Polri mengungkapkan bahwa Polri akan segera memberlakukan kebijakan penggolngan SIM C bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua, menjadi 3 golongan pada tahun ini. Dalam rangka mempersiapkan kebijakan tersebut, Korlantas Polri telah menyiapkan 32 unit sepeda motor Hunter Scramble SK500 yang akan dipakai untuk ujian praktik pembuatan SIM C golongan 1 atau SIM C1.

“Makin cepat makin bagus, jangan bertele-tele. SIM C1 dulu yang sudah, saya belum ngomong SIM C2”, jelas Dirregident Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Drs. Yusri Yunus, dilansir dari Antara, Sabtu, 7 Januari 2023.

Jenderal Bintang Satu itu pun mengungkapkan bahwa Kebijakan penggolongan SIM C ini termaktub dalam Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Pada Pasal 13 ayat (2) huruf g, h, dan i, dijelaskan bahwa sesuai dengan peraturan tersebut, untuk memiliki SIM C1 harus memenuhi ketentuan, yakni memiliki SIM C selama satu tahun sejak diterbitkan. Begitu juga untuk SIM C2 harus memiliki SIM C1 selama satu tahun terlebih dahulu.

“Jadi SIM C ke depan ada namanya SIM C, C1 untuk kendaraan 250 cc sampai 500 cc, ada SIM C2 untuk 500 cc ke atas. Jadi kalau punya motor 1.000 cc harus pakai SIM C2”, jelasnya lebih lanjut.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal disiapkan untuk penggolongan SIM C1. Ke depannya untuk pemilik motor besar 1.000 cc harus punya SIM C2. (Humas, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button