KODIM 0613/CMS-KOREM 062/TN

Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bela Negara Di Unigal, Letkol Inf Wahyu AR ; Menwa Unsur Terpenting Membentuk Calon Pemimpin Masa Depan

CIAMIS-JABAR || suaraindependentnews.id – Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol memimpin upacara pembukaan pendidikan dasar bela negara Resimen Mahasiswa (MENWA) Mahawarman Batalyon VIII/Tarumanagara TA 2023/2024 bertempat di Aula Auditorium Unigal Jalan R. E. Martadinata No.150, Mekarjaya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu 20 Desember 2023.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf. Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I,Pol., dan Komandan Upacara Habib.

Dalam amanatnya Dandim menyampaikan bahwa dalam menanamkan kesadaran bela negara di kalangan Pemuda melalui pendidikan bela negara dirasakan semakin penting untuk diupayakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terlebih di tengah arus perubahan lingkungan strategis akibat globalisasi maupun eforia reformasi yang menyebabkan melemahnya wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara.

“Resimen mahasiswa merupakan unsur yang penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Resimen mahasiswa memegang peranan penting dalam upaya bela negara sebagai organisasi bela negara, Resimen mahasiswa turut membentuk karakter mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan”, tutur Letkol Inf Wahyu AR.

Mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kelebihan untuk menjadi pribadi yang lebih baik karena mereka akan melanjutkan pejuangan menjalankan agenda pelatihan dan pendidikan organisasi resimen mahasiswa bertujuan sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam usaha pembelaan negara dan dalam usaha pengabdian kepada masyarakat dengan mengatur pada catur Dharma perguruan tinggi.

“Pelaksanaan Diksar Menwa akan berlangsung selama 7 hari dengan materi yang diberikan meliputi pembinaan fisik dan mental dasar kepemimpinan, moentenering, teknik tempur dasar, peraturan militer dasar, kewaspadaan nasional, beladiri militer, penyeberangan basah, kesehatan lapangan, halang rintang, dasar kepemimpinan, pengenalan survival dan Pioner”, tutup Dandim 0613/Cms Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Diksar Menwa ini, Kapolsek Ciamis AKP Rahmad Fani, Perwakilan Tagana Ciamis Fajar M.A, Babinsa Baregbeg Serda RH Putra, Kapospol Baregbeg Aiptu Saepudin Ali, Wakil Rektor III Unigal Ciamis H Aan Anwas Sihabudin S.H. S.I.P., M.Si., Perwakilan Mahasiswa Unigal serta Para Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon VIII/Tarumanagara TA 2023/2024. (Pendim 0613/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button