KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Bentuk Dansatwil Yang Tangguh, Handal Dan Profesional, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna Berikan Pembekalan Manajemen Bencana Alam Dan Sosial Kepada Calon Dandim Tipe A

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., M.Han., diberikan kepercayaan dan kehormatan sebagai nara sumber dengan memberikan pembekalan tentang manajemen bencana alam dan sosial secara virtual kepada calon Dandim tipe A, bertempat di Makorem 062/Tn, Jalan Bratayudha No.65, Jumat 13 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut Danrem menuturkan bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap ancaman bencana, baik bencana alam, bencana non alam maupun bencana sosial. Oleh karena itu, selaku Komandan satuan teritorial harus memiliki pengetahuan yang mumpuni, keberanian dan kemampuan yang handal dalam menghadapi bencana yang terjadi, sehingga apabila terjadi bencana di wilayah dapat diminimalisir resiko bencana.

“Bencana bisa kapan saja terjadi dan dimana saja, sehingga perlu kewaspadaan setiap saat. Tahapan bencana terdiri dari Tahap Pra Bencana, Tahap Tanggap Darurat dan Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Agar bencana yang terjadi dapat diantisipasi dan diminimalisir resiko bencananya, sehingga kegiatan dalam fase mitigasi sangat diperlukan, kita akan lebih siap dalam menghadapi bencana dan dampak sosial dari adanya bencana. Maka, dengan mengadakan Pembekalan manajemen Bencana alam dan sosial kepada para calon Dandim tipe A, diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman sebagai bekal, apabila suatu saat menjadi Komandan Satuan Wilayah (Dansatwil) menghadapi bencana”, tutur Kolonel Inf Asep Sukarna.

Danrem juga menekankan, pentingnya dibuat protap bersama dalam menghadapi bencana di wilayah, sehingga semua pihak sudah siap dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, saling bersinergi, berkolaborasi dan terpadu apabila terjadi bencana.

“Penanganan bencana memerlukan waktu yang sangat cepat sehingga perlu mengikuti SOP dan aturan yang telah di tetapkan, agar tidak terjadi kesimpangsiuran dalam menangani bencana alam tersebut serta tepat sasaran dalam memberikan bantuan yang diperlukan serta dapat mengurangi beban yang diderita oleh masyarakat juga memperkecil hilangnya nyawa dari saudara-saudara kita beserta harta bendanya”, tegas Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.IP., MM., M.Han.

Hadir pada pada kegiatan pembekalan tersebut diantaranya 31 orang calon Dandim Tipe A serta Wadanpusdikter Kolonel Inf Tedy Alifianto dan para pembina Pusdikter. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button