PEMERINTAH KABUPATEN NIAS

Bupati Nias Laksanakan Forum Konsultasi  Publik Rancangan Awal RPJPD

NIAS, SUARA INDEPENDENTNEWS. ID

Bupati Nias hadiri Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Kabupaten Nias, bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias.Rabu, (31/01/2024).

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan penjabaran Visi, Misi, Arah Kebijakan dan Sasaran Pokok Pembangunan Daerah Jangka Panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN dan RTRW.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Jellysman B. Geya, SSTP., M.Si melaporkan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah menyatukan pemahaman dan langkah ke depan seluruh stakeholder, optimalisasi partisipasi para stakeholder dan sinkronisasi RPJPD Kabupaten Nias dengan RJPD Provinsi Sumatera Utara 2025-2045.

Hasil dokumen evaluasi RPJPD 2005-2025 Kabupaten Nias telah mendapat apresiasi dari Kemendagri dan menjadi Role Model untuk penyusunan dokumen evaluasi RPJPD Kabupaten/Kota lain di Kepulauan Nias” Ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Penyusunan RPJPD Kabupaten Nias 2025-2045 memuat Permasalahan dan Isu Strategis Daerah Kabupaten Nias. Adapun beberapa Isu Strategis di Kabupaten Nias yakni Sarana dan Prasarana Wilayah yang belum memadai, Pertumbuhan Ekonomi belum optimal, Tingkat Pengangguran, Tingkat Kemiskinan, Kualitas SDM, Teknologi, Kualitas Lingkungan dan Iklim, Pemerataan Pembangunan dan Geografis.

“Saya berharap dengan hadirnya seluruh Stakeholder dan Para Narasumber dapat memberikan Saran dan Masukan sebagai bahan dalam menyusun RPJPD 20 tahun ke depan” Harapnya.

Dalam arahannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengajak semua yang hadir untuk memberikan pandangan dan informasi dalam Penyusunan RPJPD Kabupaten Nias.

Yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPJMD ini adalah kelestarian lingkungan serta menggali keunggulan internal Kabupaten Nias. Karena yang kita persiapkan adalah masa depan Kabupaten Nias bagi generasi penerus di masa yang akan datang” Pesan Bupati Nias.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Para Narasumber (Analisis Kebijakan Ahli Muda selaku Sub Koordinator Sub Substansi Wilayah IA Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Bpk.Efin Mei Aniffiyan, ST, Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbang Sumatera Utara, Ibu Oktavia Siska Yanti, SH dan Kadis Perkim Kabupaten Nias, Bernard Nazara, ST., ME), Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Pimpinan Instansi Vertikal, Camat se-Kabupaten Nias, Akademisi Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda/Pemuda. (Kominfo Kab.  Nias/Aa Wahyu) .

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button