WISATA ALAM

Pemugaran Kawasan Gowe Zega Anaa & Zega Helesörömi Akan Dimulai Tahun Ini

KEPULAUAN NIAS, SUARA INDEPENDENTNESW. ID

Kawasan Situs Sejarah Gowe Zega Anaa dan Zega Helesörömi yang merupakan Leluhur Marga Zega sebagai salah satu marga asli Suku Nias akan segera direvitalisasi. Kamis (20/4/2023).

Hal tersebut  terlihat dengan hadirnya Tim Pelestarian Gowe Zega Anaa dan Zega Hilisörömi bersama Tokoh masyarakat Kepulauan Nias, Edward Zega Mantan Bupati Nias Utara yg juga Anggota DPRD Propinsi Sumatera Utara Fraksi Partai Demokrat yang berkunjung di lokasi Gowe dimaksud terletak di Dusun II Desa Tetehosi Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli.

Kawasan Gowe Leluhur Zega ini akan direvitalisasi dengan mempertahankan keaslian sejarah leluhur Marga Zega diatas tanah seluas 400 M², keberadaan kawasan Gowe ini berada tepat disebelah Gereja BNKP Jemaat OTA Desa Tetehösi Afia. Pada kesempatan yang sama Bapak Edward Zega menjanjikan dana hibah untuk Gereja BNKP OTA sehingga semakin baik dari keadaan sekarang.

Sementara itu Tim diwakili oleh Edison Zega menyampaikan progres perkembangan kegiatan yang telah dilakukan Tim mulai dari Desain Situs, Kunjungan Tim Pelestarian Cagar Budaya dari Pemko sampai pada penggalangan dana yang masih sangat dibutuhkan.

Ditempat yang sama Bapak Edward Zega memberikan.pendapat kepada Tim untuk merencanakan kawasan parkir, taman, gedung budaya dan bahkan replika rumah adat Nias utara diluar kawasan seluas 400 M² tersebut. Hal ini langsung disambut baik oleh Bapak Kepala Desa dan Perangkat Desa Tetehösi Afia, juga masyarakat setempat yang memiliki lahan siap untuk menghibahkan tanah untuk keperluan pembangunan yang dimaksud.

Kunjungan Bapak Edward Zega berlangsung dilokasi Gowe Leluhur Zega tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa Tetehosi Afia, Pengurus Gereja BNKP OTA dan Tim Pelestarian Gowe Zega Anaa & Zega Helesorömi, tampak hadir Bapak Asogö Zega Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Bapak Edison Zega yang dikenal sebagai tokoh adat Kota Gunungsitoli, Agust Zega Ama Tia dan Wija Zega sebagai Tim Teknis serta Edikania Zega Tim Publikasi. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button