PANITIA QURBAN

Panitia Qurban Mesjid Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo Di Bubarkan

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Dalam laporannya Ketua Panitia Qurban Mesjid Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo, Maskur Telaumbanua menyampaikan bahwa, Kami Panitia Qurban Memohon Maaf atas keterlambatan pembubaran Panitia Qurban dikarenakan karena kesibukkan selama ini, dimana beberapa Panitia, ada  yang Dinas Luar daerah dan kesibukan acara baik acara Pernikahan, acara 17 Agustus  sehingga pada Malam ini Kami dapat melaksanakannya, bertempat dirumah kediaman Kami. Sabtu (26/08/2023).

Ketua Panitia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Panitia Qurban 1444 H/ 2023M yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam menyelenggarakan acara Qurban ini. Melalui kerja keras dan dedikasi yang luar biasa, para panitia  Qurban telah berhasil menjalankan tugasnya  walaupun berbagai halangan dan rintangan namun karena Niat yang ikhlas. Pelaksanaan Qurban dilaksanakan dengan baik dan sukses.

Dalam melaksanakan ibadah Qurban, kita juga berbagi kebahagiaan dan rezeki dengan sesama, khususnya dengan kaum yang membutuhkan.

“Saat ini, kita mencapai puncak acara Qurban dengan Pembubaran Panitia. Namun, ibadah dan nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah Qurban tetap harus kita pupuk dalam diri kita”.

Untuk diketahui, Panitia Qurban Mesjid Al Ihsan Dusun 1 desa Mo’awo Pada tahun 2023 ini telah menyembelih  3 ekor Sapi (2 ekor Sapi yang diusahakan oleh  Panitia Qurban dan 1 ekor Sapi yang diberikan oleh Ibu Lenta Telaumbanua   dan dari Bpk Albar Tanjung 1 ekor Kambing.

Terkait Hewan Qurban  yang rencana awalnya  2 ekor Kerbau  dengan Biaya Penerimaan sebesar Rp.43.400.000 dan ditambah  dengan 5 Orang Pengqurban sebesar Rp 500.000 sehingga berjumlah Rp 43.900.000.

2 ekor Hewan Qurban “Kerbau” telah diangkut melalui mobil Pikup namun karena sesuatu hal penyebrangan  maka pemesanan tersebut gagal.

Hari H  idul Adha pun tak lama lagi, Sehingga Panitia Qurban  berupaya dan mengupayakan agar Para Pengqurban tidak kecewa kepada Panitia, Alhamdulillah   Para Pengqurban dengan 14 Orang tetap berqurban sebanyak  2 ekor Sapi pada Hari H tersebut.

Untuk Pengeluaran  Hewan Qurban yang 2 ekor ditambah segala kebutuhan yang dipergunakan  pada hari H seperti :Kain putih, parfum, bedak, kaca,sisir, baik sirih, pinang , kapur, gambir , Kantongan plastic , baik biaya Pemeliharaan ternak, biaya potong, Rokok Panitia, biaya Kopi/teh, biaya Aqua gelas, biaya mami dan Foto copy dengan Pengeluaran Rp.40.400.000, yang 5 Orang Pengqurban sebesar Rp.100.000/5 = Rp. 500.000 uang tersebut Panitia akan mengembalikan kepada 5 Pengqurban dan sebagian dana tersebut tambahan biaya kita pada Malam hari ini, dan sisa dana  Panitia Qurban Mesjid  Al Ihsan Dusun 1 Desa Mo’awo pada Tahun 2023/ 1444 Hijriyah sebesar Rp.3 Juta lagi.

Sekali lagi kami dari Panitia Qurban Tahun 2023  mengucapkan  terimakasih atas dukungan dan kerjasama selama ini , Karena tampa   dukungan dan partisipasi kalian semua , Qurban ini tidak akan terlaksana dengan semestinya, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan keikhlasan kita dengan Pahala yang berlipat ganda Aamiin.

PJ.Kepala Desa Moawo dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Zulman Zendrato mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pelaksanaan Pembubaran Panitia Qurban 1444 Hijriyah 2023 Miladiah yang dilaksanakan pada malam hari ini.

Kita Ketahui Panitia Qurban sudah bekerja dan melaksanakan amanah yang diberikan walau ada penghalang sebelumnya, namun Panitia Qurban  berupaya dan mengupayakan agar Para Pengqurban tidak kecewa kepada Panitia, Alhamdulillah   Para Pengqurban dengan 14 Orang tetap berqurban sebanyak  2 ekor Sapi pada Hari H tersebut dan Pembagian Daging Qurban terbagi merata ucap Sekdes Mo’awo.

Hal senada juga disampaikan, Bapak Samran Duha  mewakili para Pengqurban bahwa, Panitia Qurban sudah berhasil 100% dalam menjalankan amanah yang diberikan, semuanya Transparan dan tidak ditutupi pengeluarannya. Saya berharap agar tidak bosan-bosannya untuk berqurban pada Tahun 2024 ujarnya kepada Jamaah.

Sementara Ketua BKM Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo, Abdul Malik Caniago,A.Md dalam arahannya mengatakan sehubungan dengan telah selesainya pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M dan telah mendengarkan Laporan dari Ketua Panitia Qurban, seraya mengatakan Laporan dari Ketua Panitia apa kita Terima, Terima seraya dijawab semua jamaah sehingga Pada malam ini  Panitia Qurban Mesjid Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo dibubarkan.

Terkait sisa dana sebesar Rp.3.000.000, para pengqurban ada yang mengatakan uang tersebut dikembalikan dan ada juga para Pengqurban dana tersebut disumbangkan ke Mesjid Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo dan ada juga yang dijadikan saldo untuk Berqurban.

Sehingga BKM Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo melalui Bendahara Panitia Qurban menyelesaikan permintaan Para Pengqurban.

Selanjutnya Ketua BKM melaksanakan pemilihan Panitia Qurban Mesjid Al-Ihsan Dusun I Desa Mo’awo 1445 H/2024 M, dengan Musyawarah Mufakat terpilih kembali

Ketua Panitia  : Maskur Telaumbanua;

Wakil Ketua     : Zulman Zendrato;

Wakil Ketua II   : Warman Zebua;

Sekretaris        : Wahyuddin Waruwu

Wakil Sekretaris   : Efisiency Daeli

Wakil Sekretaris II : Muhammad Nifsan Dawolo

Bendahara           : Rahmat Syawal Harefa/Pak Iyan Harefa. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button