KODAM III/SLW-MABES TNI

Go Internasional…. Bahan Bakar Air “Nikuba” Dari Kodam III/Siliwangi Menuju Milan

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Nikuba merupakan akronim dari ‘Niku Banyu’ atau ‘Ini Air’ yang dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air yang telah di elektrolisa menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar.

Aryanto Misel (67) melalui inovasinya bersama Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menggagas Nikuba yang dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan.

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor”, ujar Aryanto Misel di Lemahabang, Kabupaten Cirebon saat dikonfirmasi melalui seluler Rabu (31/05/2023).

Nikuba dalam prosesnya berhasil terus disempurnakan sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kendaraan dengan kemungkinan bisa menghemat 100% bahan bakar minyak.

Sementara itu, kolaborasi dan komitmen terhadap inovasi nikuba terus berjalan dengan baik melalui rangkaian beberapa model uji coba. Banyak sepeda motor babinsa Kodam III/Slw yang telah operasional dengan Nikuba. Dari hal tersebut didapatkan data-data untuk terus dilakukan penyempurnaan terhadap inovasi tersebut.

Nikuba pada berbagai event dan kesempatan terus di tampilkan melalui berbagai ragam pameran atas inisiasi Pangdam III/Siliwangi untuk mendapatkan input dalam rangka penyempurnaan sebagai sebuah karya teknologi yang dimungkinkan dapat dikembangkan untuk energi masa depan.

Beberapa waktu yang lalu, Nikuba secara mengejutkan mendapatkan atensi dari salah satu pabrikan otomotif terkemuka di eropa dengan survei langsung ke Cirebon. Diskusi panjang dilakukan terkait inovasi tersebut untuk membuka lebih luas terkait teknis kerja nikuba.

Tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Nikuba mendapat kesempatan untuk di presentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan. Pangdam III/Slw bersama Aryanto telah menyiapkan Tim yang terdiri dari Sumardi Dadang dan Immanuel Hutapea untuk memenuhi undangan tersebut. Tim di berangkatkan pada jumat 16 Juni 2023 dari Jakarta menuju Milan.

Terkait hal tersebut, Mayjen TNI Kunto mengatakan bahwa di tengah situasi yang ada, inovasi tersebut merupakan sebuah peluang untuk mengembangkan teknologi yang tidak ada hentinya dan akan terus berkembang. Berbagai peluang terhadap sumber energi baru, sekecil apapun mesti terus dikembangkan.

“Tiba saatnya Nikuba sebagai alternatif solutif akan mencoba terbang untuk dipresentasikan pada dunia. Meski memerlukan proses, namun ide, tindakan, komitmen dan keyakinan terhadap Nikuba sebagai alternatif energi terbarukan dapat menjadi peluang di masa yang akan datang”, tutur Mayjen Kunto.

Pangdam berharap perjalanan jauh Nikuba sebagai inovasi anak bangsa dari Kodam III/Slw akan menjadi secercah harapan terhadap solusi energi alternatif dunia di masa mendatang. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button