KODAM III/SLW-MABES TNI

Pangdam III/Slw Mayjend TNI Erwin Djatniko ; Satkowil Berperan Besar Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Dwi Erwin Djatniko melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Korem 062/TN Jalan Bratayuda No.65, Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Senin 16 Oktober 2023.

Tiba di Makorem 062/TN, Pangdam III/Slw beserta rombongan disambut oleh Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna beserta para Dandim jajaran, Bupati Kabupaten Garut dan Forkopimda Kabupaten Garut, Forkopimda Kota dan Kabupaten Tasikmalaya serta para Kasi Kasrem 062/TN, para Kabalak Korem 062/TN dan Ketua Persit KCK Koorcabrem 062 Garut beserta Ketua Cabang dan Pengurus.

Dalam kunjungan kerjanya, Pangdam III/Slw mengawali dengan meninjau stand produk UMKM Persit jajaran Koorcabrem 062 Garut serta meninjau berbagai hasil inovasi dari masing-masing Kodim. Diantaranya, Kodim 0609/Cimahi dengan inovasi Printer 3D, Kodim 0610/Smd dengan inovasi Alat Pemipil Jagung dan Genset Portable tanpa BBM. Kodim 0625/Pangandaran dengan inovasi Alat pendeteksi pasang surut air laut.

Untuk Kodim 0611/Garut menggelar inovasi berupa motor listrik, drone tembak sangkuriang, kompor berbahan bakar oli bekas dan Automatic Touchless NN-0611. Sedangkan Kodim 0612/TSM dengan inovasi E- Marab (alat pelontar makanan ikan) dan Pirolisis (pengolah sampah menjadi BBM). Kodim 0624/Kabupaten Bandung dengan inovasi ransel tenaga surya.

Pada kesempatan itu, Pangdam III/Slw bersama Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi melaksanakan penanaman pohon Mangga di lingkungan Makorem 062/TN. Selanjutnya dilaksanakan Baksos untuk masyarakat Garut sekitar Makorem 062/TN dengan memberikan paket sembako. Sedangkan silaturahmi dan tatap muka digelar bersama Bupati Kabupaten Garut dan Forkopimda Kabupaten Garut, Forkopimda Kota dan Kabupaten Tasikmalaya serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kabupaten Garut, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya serta Kabupaten Bandung.

Pangdam dalam arahannya kepada para prajurit, PNS dan anggota Persit jajaran Korem 062/TN menguraikan tentang pelaksanaan tugas perbantuan pada pengamanan Pemilu 2024 kepada Pemda dan Kepolisian termasuk menekankan tentang netralitas TNI pada Pemilu 2024.

Dijelaskan bahwa NKRI dapat terpelihara secara utuh salah satunya karena adanya peran Komando Kewilayahan mulai Koramil, Kodim sampai dengan Korem dengan ujung tombak para Babinsa. Oleh karena itu Pangdam berpesan agar seluruh Babinsa jajaran Kodam III/Slw dalam melaksanakan tugas kewilayahan agar tetap menjaga kesehatan dengan menyempatkan untuk berolahraga setiap hari.

“Jangan bekerja berdasarkan harga, tapi bekerjalah dengan hati. Itulah amanah yang harus kita lakukan dan akan kita pertanggung jawabkan. Kalau sudah bekerja dengan hati, Insyaa’Allah hasilnya akan luar biasa dan masyarakat akan semakin mencintai kita. Oleh karena itu, kita harus selalu mencintai masyarakat sepenuh hati dengan terus berusaha membantu kesulitannya”, tutur Pangdam.

Pangdam berharap, para Babinsa dapat memberdayakan semua inovasi yang diciptakan untuk membantu mendongkrak ekonomi masyarakat sehingga dapat meningkatkan penghasilannya menuju kehidupan yang lebih sejahtera.

Rangkaian kunjungan kerja Pangdam III/Slw di wilayah Garut diakhiri dengan meninjau hasil pembangunan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit TK IV Guntur Garut serta menjenguk pasien yang sedang dirawat baik para prajurit maupun keluarganya. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button