PARIWISATATak Berkategori

Hiasi Event Paralayang Tanjung Alai, Disparbud Kab Solok Suguhkan Pergelaran Silek Tuo Tradisional

Pergelaran Silek Tuo Tradisional Hiasi Event Fun Fly Paralayang di Nagari Tanjung Alai Kec X Koto Singkarak Kab Solok

Minggu, 11 Desember 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id – Sajikan hal yang unik namun memukau, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kab Solok kemas konsep Event Fun Fly Paralayang yang dikombinasikan dengan pergelaran Silek Tuo Tradisional. Tidak itu saja, Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif juga hiasi event besar tersebut.

Pesona alam Danau Singkarak Kabupaten Solok yang tidak asing lagi bagi pencinta wisata, sekarang sudah bisa dinikmati juga melalui Lereng Bukit Green View, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Dari atas bukit tersebut, masyarakat dapat menikmati keelokan Alam yang tersaji dengan pesona Danau Singkarak, sensasi tersebut dapat dilihat dari atas langit melalui paralayang dan paramotor.

Aksi para paralayang dan paramotor tersebut terekam dalam Event Fun Fly Paralayang, Silaturahmi Silek Tuo Kabupaten Solok serta Pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif di Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, Minggu (11/12).

Budaya Silek Tuo Tradisional yang hampir punah dimakan zaman kembali dihidupkan dan dipertontonkan kepada masyarakat banyak. Ikut memeriahkan Event kalender yang digelar Disparbud Kab Solok, penampilan Silek Tuo tersebut berhasil memukau pengunjung yang memadati objek wisata Green View Tanjung Alai.

Sejumlah pesilat bikin penonton berdecak kagum dengan aksinya bertarungnya dengan menggunakan pisau tajam. Berebut dan bergelut, bahkan ada peserta menggunakan Silek Harimau yang terkenal dulu dan sudah mulai jarang ditemui”

Acara yang bertajuk Silaturahmi Silek Tuo Kab Solok tersebut diikuti oleh 9 Sasaran Silek Tradisional dari 10 Sasaran Silek yang diundang, yaitu:
1. Sasaran Silek Limbago Budi Nagari Cupak Kec Gunung Talang

2. Sasaran Silek Tuah Sarumpun Nagari Limau Lunggo Kec Lembang Jaya

3. Sasaran Silek Riak Danau Nagari Kampung Batu Dalam Kec Danau Kembar

4. Sasaran Silek Limbago Batu Kubuang Nagari Koto Baru Kec Kubung

5. Sasaran Silek Harimau Capo Nagari Sumani Kec X Koto Singkarak

6. Sasaran Silek Harimau Burai Saiyo Nagari Koto Sani Kec X Koto Singkarak

7. Sasaran Silek Alam Lestari Nagari Tanjung Alai Kec X Koto Singkarak

8. Sasaran Silek Harimau Gagoan Nagari Paninggahan Kec Junjung Sirih

9. Sasaran Silek Ranah Baru Nagari Indudur Kec IX Koto Sungai Lasi.

Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah Medison menyampaikan iven Fun Fly Paralayang salah satu kegiatan yang perlu didukung terus terutama dari Dinas Pariwisata di Kabupaten Solok.

Kabupaten Solok memiliki potensi pariwisata yang lebih tinggi dari daerah lain di Indonesia terutama keindahan alamnya, mari kita manfaatkan setiap potensi yang ada demi mengembangkan pariwisata”

Menurut Medison, kawasan Lereng Green View merupakan Lokasi yang strategis untuk pecinta olahraga paralayang ini. Banyaknya ragam kebudayaan Silek Tuo di Kab Solok, menjadi kombinasi yang apik untuk mengembangkan sektor Pariwisata di Kabupaten Solok, tutupnya.

Plt Kepala Dinas Parbud Armen selaku Ketua Pelaksana mengatakan, pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai Event berskala Nasional.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, perwakilan OPD, Camat X Koto Singkarak Crismon Darma, wali nagari se-X Koto Singkarak dan tokoh masyarakat. (Billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button