Peristiwa

Dampak Berita Yang Tendesius, Patut Dipertanyakan Profesionalisme Oknum Jurnalis Jejakkasus.

Kota Cirebon, suaraindependentnwws_id. Menanggapi pemberitaan yang dibuat oleh Oknum Wartawan media Jejakkasus.info dengan judul berita “Dua Anggota Gatsu AMX Kota Cirebon Dikeluarkan dari keanggotaan” yang sudah tayang 19 jam lalu dengan diikuti 132 viewers, namun telah diberitakan tanpa membubuhkan waktu terbit berita seperti tanggal, bulan dan tahun serta identitas Jurnalis yang memberitakannya, sehingga mengakibatkan produk berita yang membingungkan bagi masyarakat.

Arief Yolando pihak yang diberitakan oleh jejakkasus.info mengklarifikasi kepada awak media melalui seluler, bahwa dirinya merasa dirugikan atas pemberitaan tersebut, Minggu (30/05/2021).

Arief Yolando yang juga Bendahara di AWNI (Aliansi Wartawan Nasional Indonesia) DPC.Kab.Cirebon pada media ini mengatakan, bahwa isi berita jejakkasus.info yang memberitakan sepihak tanpa klarifikasi dan izin terlebih dahulu terkait memuat foto seseorang kepada pihak yang terkait, membuktikan bahwa kualitas Jurnalis dan medianya disinyalir tidak profesional. Ungkapnya.

Masih menurut Arief, dirinya bukanlah dipecat dari keanggotaan Ormas tersebut, (sebagaimana diberitakan oleh jejakkasus_info sebelumnya). Melainkan dirinya resmi mengundurkan diri baik secara lisan dengan menghadap pimpinannya dan juga secara tertulis. Dengan pemberitaan yang bersifat tendesius, saya (Arief) sangat dirugikan atas pemberitaan tersebut. Saya bisa membuktikannya atas pengunduran diri saya dengan bukti surat pengunduran diri tertanggal 3 mei 2021 dan ada saksi serta bukti percakapan melalui Whatsapp dengan beberapa petinggi Ormas Gatsu AMX. Paparnya.

“Saya bukan dipecat melainkan saya undur diri dari keanggotaan Ormas Gatsu AMX CIKO karena suatu hal, sayapun sudah menghadap dan bicara secara lisan dengan ketua DPC Gatau AMX CIKO dan juga sudah berkomunikasi by phone dengan Ketum DPP Gatsu AMX,” ujar lelaki mantan Wakil ketua DPC Gatsu AMX Ciko. Tegas Arief

Arif mempertegas kembali, bahwa dirinya mengaku sangat kecewa terhadap Oknum Wartawan Jejakkasus.info yang memberitakan dan menampilkan foto dirinya dengan sepihak tanpa izin atau mengklarifikasi terlebih dahulu.

“Setau saya wartawan itu dalam memberitakan suatu hal harus berimbang artinya para pihak yang terkait wajib mengklarifikasi terlebih dahulu sesuai dengan kaedah dan kode Etik Jurnalistik, parahnya wartawan tersebut memiliki kedekatan emosional dengan saya kenapa tidak menanyakan faktanya…?,” Tegas Shendy Ketua DPC AWNI Kab. Cirebon

Disisi lain, Hani mantan Sekretaris Ormas DPC Gatsu AMX CIKO menyampaikan kekesalannya via selular, bahwa saya sepakat dengan pak Arief bahwa kita tidak di pecat melainkan mengundurkan diri dari keanggotaan Ormas Gatsu AMX CIKO. Ungkapnya

Masih menurut Hani, sesuai dengan fakta bahwa dirinya mengundurkan diri dari Ormas Gatsu AMX CIKO tertanggal 1 Mei 2021, artinya dirinya undur diri dari Ormas tersebut bukan dipecat seperti apa yang diberitakan, pungkasnya. (Kabiro/asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button