TNI

Brigjen TNI Eko Sunarto Resmi Menutup Giat Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Perangkat Desa Di Kabupaten Tasikmalaya

KABUPATEN TASIKMALAYA-JAWA BARAT || suaraindependentnews.id – Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si resmi menutup kegiatan sosialisasi pembinaan kesadaran bela Negara bagi Perangkat Desa di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2023 yang bertempat di Mumtaz Mahal Ballroom Alhambra Hotel Jalan Raya Sentral Cikunten, Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 26 September 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni pada hari Senin 25 September 2023 dan Selasa 26 September 2023, kegiatan ditutup dengan menyematkan pin dan menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada dua orang peserta.

Menhan RI melalui Direktur Bela Negara Brigjend TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si menyampaikan, “Kegiatan ini adalah menggugah dan merawat Bela Negara kami atas nama Kementerian Pertahanan memberikan rasa hormat dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Dalam rangka menyebar luaskan pemahaman Bela Negara yang menjadi tanggungjawab semua aspek, Bagian penting untuk pembangunan revolusi mental Bertujuan membangun dan menanamkan sikap bela negara dan Cinta tanah air, Sikap dan perilaku yang di aktualkan dalam kehidupan sehari-hari”, ujarnya.

“Perangkat Desa mempunyai beban mental terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di harapkan perangkat desa menjadi contoh dan memberikan pemahaman, Kita sudah sampai titik mudah di adu domba, Negara tidak mampu memback up perangkat desa lah yang menjadi pengayom Masyarakat, Menghadapi potensi ancaman Negara bersifat non militer yang merusak hati dan pikiran manusia, Contoh radikalisme narkoba menjadi ancaman yang nyata, Perang terjadi dengan alat sarana dan SDM menguasai ekonomi dan teknologi, Kualitas SDM menjadi penentu harus memiliki kesadaran yang kuat, Melalui sosialisasi ini di harapkan terbangun tertanam dalam hati nurani bela negara, Berperan aktif dan mensosialisasikan di Masyarakat, Mengimplementasikan nilai dasar dalam kehidupan sehari-hari, Mampu berkontribusi sesuai kapasitas dan profesi dan Perangkat Desa menjadi agen perubahan dan mengimplementasikan di masyarakat”, tutur Menteri Pertahanan RI yang dibacakan oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si.

Kepada awak media Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si menjelaskan, “Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia 1945 pasal 27 dan 30 setiap warga mempunyai hak dan kewajiban, hak nya mutlak juga dengan kewajibannya untuk membela negara, oleh karena itu Bela Negara sangat mudah di ucapkan namun sangat sulit dilakukan”, ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Brigjen TNI Eko Sunarto, “Aparat desa merupakan ujung tombak dari pemerintah, harapan besar yang ditanamkan untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat binaannya harus menjadi panutan. Cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, bangga serta kemampuan kawal bela negara dengan cara melaksanakan pembinaan juga aktif dalam setiap kegiatan”, terangnya.

Brigjen TNI Eko Sunarto berpesan Hindari perselisihan apalagi hal sepele, perbedaan itu sebuah dinamika, kita harus menyadari satu sama lainnya.

“Diharapkan Tasikmalaya menjadi Role Model di Jabar karena disini banyak pondok pesantren berbasis agama dan kultur yang kuat. Kita harus optimis, unggul dalam arti mencetak pemuda yang memiliki pengetahuan dan teknologi, inovatif memiliki SDM kemampuan pendidikan tinggi, kreatif kita harus memiliki inovasi-inovasi dalam setiap kegiatan dimulai dari hal yang kecil. Perangkat desa sebagai panutan harus memberikan pemahaman kesadaran bela negara kepada warga binaannya dan harus menjadi gerakan nasional”, pungkas Direktur Bela Negara Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si yang didampingi Kasubdit Lingkungan Pekerjaan Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan RI Dr. S.R.M Indah Permata, S.S.T., M.M., Kasi Anev Letkol Toto Istanto dan Mayor Czi Wawan Muhammad Nurodin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si., Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP diwakili Danramil 1211/Spa Mayor Czi Wawan Muhammad Nurodin., Kasubdit Lingkungan Pekerjaan Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan RI Dr. S.R.M Indah Permata, S.S.T., M.M., Kasi Anev Letkol Toto Istanto., Kasubgarnisun Tasikmalaya., Dansat Provost Lanud Wiriadinata., Kajari Tasikmalaya diwakili Kasi., Kominfo Kabupaten Tasikmalaya., Para peserta dan tamu undangan lainnya. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button