KESEHATAN

Bupati Nias Utara Hadiri Pelayanan MOW dan MOP Yang Dilaksanakan Di RS Pratama Kabupaten Nias Utara.

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Kepala Dinas P2AP2KB Marieli Harefa, SKM dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan pelayanan program KB Kes dilaksanakan selama 3 bulan dimulai bulan Oktober s/d Desember 2021 dimasing-masing kecamatan se- Kabupaten Nias Utara.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa, khusus pelayanan MOW (Metoda Operasi Wanita) atau tubektomi dan MOP (Metoda Operasi Pria) atau Vasektomi hanya dilaksanakan selama 2 hari di RS Pratama Kabupaten Nias Utara.

Sesuai yang telah ditetapkan dalam DPA Dinas P2AP2KB T.A 2021 pelayanan MOW dan MOP hanya tertampung sebanyak 130 orang dan dilaksanakan hanya selama 2 hari (13-14 Oktober 2021) di RS Pratama Kab. Nias Utara, sehingga untuk selebihnya dilayani secara program KB biasa/umum.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara, Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim Pelaksana Kegiatan KB Kes Kabupaten Nias Utara Tahun 2021 menyampaikan bahwa pelaksanaan program PKK Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2021 adalah merupakan tindak lanjut surat Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi tentang Pelayanan KB dan KR bersama Mitra Kerja Provinsi Sumatera Utara mengenai metode Kontrasepsi Jangka Panjang MOW dan MOP tahun 2021.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mencapai target sebanyak 8.572 orang di  11 Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara.

Sementara Direktur RS Pratama Kabupaten Nias Utara dr. Warisman Lahagu M.Kes menyampaikan  bahwa siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan berharap dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa masalah.

Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu,S.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa, pelayanan KB dan khususnya pelayanan MOW dan MOP bertujuan untuk mengurangi dan mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Nias Utara pada khususnya.  Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan tentunya perlu disambut dengan baik.

Jangan takut atau khawatir, Ini adalah program nasional karena segala sesuatunya sudah diperhitungkan dengan baik oleh para dokter apakah ibu atau bapak layak dioperasi atau tidak. Saya yakin dokter yang menangani sudah punya pengalaman dan ahli di bidangnya” ucapnya.

Lebih lanjut Pemerintah Kabupaten Nias Utara menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dan dengan memohon Ridho Tuhan yang Maha Kuasa Bupati membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan PKK – Bangga Kencana Kesehatan Pelayanan MOW (Metode Operasi Wanita) dan MOP (Metode Operasi Pria).

Acara  turut dihadiri  Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Anggota TP. PKK Kab. Nias Utara, Tim Dokter Pelaksana Operasi beserta para Tenaga Kesehatan lainnya dan  para peserta kegiatan program pelayanan MOW dan MOP. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button