Pemerintahan

Sambut Inflasi Tahun 2023, Pemkab Solok Gelar Rakor

Kamis, 12 Januari 2023 

Kab Solok, Suaraindependent.id – Ketakutan Pemerintah terhadap akan terjadinya sebuah inflasi besar besaran pada tahun 2023 tersebut cukup beralasan. Terlebih pemerintah daerah, persiapan dan antisipasi menyambut terjadinya inflasi tersebut pun dilakukan.

Pemkab Solok misalnya, guna menghambat peningkatan inflasi di Kabupaten Solok, pemerintah daerah berusaha mengendalikan inflasi serta memantau perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Langkah awal  yang dilakukan Pemkab Solok adalah dengan menggelar rapat koordinasi, Rabu (11/1). Rakor tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Eva Nasri, dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD.

Pada 2022 nilai inflasi di Kabupaten Solok masih terbilang cukup tinggi yaitu pada angka 6,67%.

Pengendalian inflasi ini akan menjadi salah satu fokus utama Pemkab Solok pada 2023.

Pada 2023 ada 6 langkah konkrit yang harus dilakukan dan pada tahun telah tuntaskan sebanyak tiga langkah, yakni operasi pasar murah, sidak pasar dalam rangka pencegahan penahanan stok bahan pokok, menjalin kerjasama antar daerah.

Kabupaten Solok juga telah melaksanakan langkah-langkah lainnya, yakni merealisasikan dana BTT (belanja tidak terduga), serta pemberian bantuan yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok untuk UMKM.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah, Yossi Agusta menuturkan pengendalian inflasi salah satunya nanti adalah pencegahan peningkatan harga yang signifikan pada saat Lebaran Idul Fitri.

Dalam rangka pengendalian inflasi daerah, kabupaten Solok memiliki 4 langkah, pertama keterjangkauan harga dengan cara penyebarluasan informasi kebijakan dalam menjaga daya beli masyarakat untuk mendukung keterjangkauan harga.

Untuk mendukung program ini melakukan pencatatan harga setiap harinya oleh tim pencatatan informasi harga, dan bekerjasama dengan dinas Kominfo, yang memiliki aplikasi SI GADIS ELOK (Sistem Informasi Harga Komoditi Pangan Strategi Kabupaten Solok). (Billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button