TNI

Kodim 0104/Aceh Timur Menggelar Tes Garjas Periodik Dan UKP

LANGSA || suaraindependentnews.id – Dalam rangka menjaga kebugaran fisik prajurit, Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan Kesegaran Jasmani Periodik I dan UKP (Uji Kenaikan Pangkat) TA. 2024, bertempat di lapangan upacara Makodim 0104/Aceh Timur, Jln. Jenderal Ahmad Yani, Gp. Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa 23 April 2024.

Komandan Kodim 0104/Atim, Letkol Inf Tri Purwanto S.I.P. melalui Pasi Ops Kodim 0104/Atim Kapten Inf Heri,
mengatakan, pelaksanaan Garjas periodik ini sebagai tolak ukur pembinaan satuan, membantu dalam mengevaluasi tingkat kebugaran fisik prajurit secara berkala.

Sementara untuk tes Garjas UKP, sebagai persyaratan prajurit untuk naik pangkat satu tingkat lebih tinggi. Di mana, tes Garjas diikuti 320 anggota Kodim 0104/Atim yang terdiri dari 119 anggota yang akan Ukp, yang melaksanakan tes garjas periodik I yang akan dilaksanakan selama 3 hari.

“Pasi Ops Kodim 0104/Atim Kapten Inf Heri yang memimpin langsung kegiatan Kesegaran Jasmani, menyampaikan mekanisme Giat Garjas Samapta yang digelar meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari selama 12 M dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit serta Shuttle Run (Lari angka delapan)”, tuturnya.

Kepada peserta tes Garjas, Pasiops
meminta memaksimalkan pelaksanaan tes kesemaptaan tetapi tetap memprioritaskan aspek keamanan, khususnya kesehatan dan kondisi tubuh peserta, sangat penting.

Rekan-rekan anggota sendiri yang tahu kondisi dan keadaan fisik rekan-rekan. Memperhatikan dan memahami kondisi fisik masing-masing anggota langkah yang penting untuk mencegah risiko cedera atau kejadian yang tidak diinginkan. Mengutamakan keselamatan sambil tetap mendorong semangat dan dedikasi keseimbangan yang penting dalam pelaksanaan tes Garjas.

“Kegiatan samapta ini memiliki manfaat yang sangat luas bagi para prajurit. Selain sebagai syarat untuk kenaikan pangkat, tes Garjas juga menjadi bagian penting dari administrasi untuk mengikuti pendidikan alih golongan, seperti dari Tamtama ke Bintara atau dari Bintara ke Perwira. Selain itu, menjaga kesehatan secara maksimal melalui tes Garjas juga dapat mendukung pelaksanaan tugas Bintertas di wilayah binaan teritorial”, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button