KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Jelang HUT Kemerdekaan RI Ke 78 Tahun, Kodim 0612/Tasikmalaya Laksanakan Pembersihan Di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Kodim 0612/Tasikmalaya beserta jajarannya dan Para anggota Koramil jajaran Kodim 0612/ Tasikmalaya, Brigif 13/Kostrad dan Lanud Wiriadinata melaksanakan bhakti sosial gotong royong membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumah Bangsa, Selasa 15 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun.

Bakti sosial yang dilakukan diantaranya bersih-bersih makam, tembok pembatas dan monumen Taman Bahagia para pejuang.

Kegiatan tersebut di hadiri ± 110 orang terdiri dari 80 orang dari Makodim 0612/Tasikmalaya, 10 orang dari Brigif 13/Kostrad, dan 20 orang dari Lanud Wiriadinata.

Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor Inf Deni Zenal Muttaqin, S.Sos menyampaikan Bhakti Sosial ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada para pejuang NKRI yang telah wafat.

“Membersihkan pusaran di lingkungan TMP juga kita melestarikan monumen Taman Bahagia, selain bhakti sosial dan membersihkan pusaran makam, kita juga memahami makna jiwa kepahlawanan”, tuturnya.

“Melihat eksistensi Dinas Sosial saya berharap kedepannya dalam pemeliharaan TMP tidak hanya dilaksanakan pada saat hari besar kemerdekaan saja, tetapi hari-hari biasa pun harus terus dilaksanakan. Eksistensi tersebut sebagai bentuk bukti generasi sekarang sejatinya inilah yang kita bisa laksanakan dengan cara merawat makam dan memberikan do’a yang tulus kepada para pejuang kita”, ungkapnya.

Kata dia, jika perjuangan yang kita kemas pada bhakti sosial ini dibandingkan dengan perjuangan para pahlawan terdahulu kita yang mengangkat senjata, membawa bambu runcing, mengorbankan harta benda bahkan keluarga dan taruhan nyawa demi NKRI ini, perjuangan kita tidak ada apa-apanya.

“Sebagai balas budi kita terhadap negara dan menghormati para pejuang terdahulu. Kita harus mengisi kegiatan kita dengan membangun negara ini dengan hal positif. Fisik berupa pusaran makam ini pun salah satu ciri dimana berakhirnya perjuangan memperjuangkan kemerdekaan yang sampai saat ini masih terkendali”, tutup Kasdim 0612/Tsm Mayor Inf Zenal Muttaqin, S.Sos. (Pendim 0612/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button