Berita Kemenpora

Menpora RI Zainudin Amali Mengajak Peserta Kejurnas Pacu Kuda Pordasi Seri II Piala Presiden Mengheningkan Cipta untuk Tragedi Kanjuruhan

Pasuruan || SIN.ID, 09/10/2022,  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali terus memberikan simpatinya atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Tragedi itu menjadi momen kelam persepakbolaan Indonesia, sebab mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pasca pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Ajakan itu Menpora Amali lakukan sebelum sesaat secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Pordasi ke-56 Seri II yang memperebutkan Piala Presiden Tahun 2022.

“Hadirin sekalian sebelum saya melanjutkan untuk membuka kejurnas ini, saya mohon kesediaan hadirin sekalian, terutama yang berada di tribun, saya mohon untuk semuanya berdiri. Saya mengajak kita semua untuk mengheningkan cipta bagi para korban targedi Kanjuruhan,” kata Menpora Amali di di Gelanggang Pacuan Kuda Ki Ageng Astrojoyo, Cobanjoyo, Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (9/10).

“Kita doakan agar para arwah korban mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan untuk menerima musibah ini. Kita berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,” ujar Menpora Amali saat menjadi inspektur upacara pembukaan Kejurnas yang diikuti 12 provinsi ini.

Menpora Amali berharap, agar ke depan pelaksanaan kompetisi bergengsi ini dapat berlanjut secara rutin untuk mencetak atlet-atlet yang bisa mengharumkan Indonesia melalui prestasinya. Karena, ini adalah ajang mencari bibit terbaik.

“Selanjutnya, kalau kita sudah bisa melaksanakan pada 2022, pasti seri-seri berikutnya, tahun-tahun berikutnya akan dilaksanakan yang meriah, lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semoga akan lahir bibit-bibit atlet terbaik dan prestasi membanggakan ditingkat dunia,” paparnya.

Tidak lupa Menpora Amali juga berpesan agar masa sulit Covid-19 yang berdampak pada kompetisi tidak terulang kembali. “Mudah-mudahan tidak ada masalah yang serius seperti pandemi lagi yang menghentikan semua kegiatan olahraga kita, dan termasuk kegiatan berkuda yang dinaungi PP Pordasi,” terang Menpora Amali.

Ketua Umum (Ketum) PP Pordasi, Triwatty Marciano menyambut baik kehadiran Menpora Amali. Dengan kehadiran Menpora yang resmi membuka kompetisi, Ketum PP Pordasi berharap peserta dan masyarakat olahraga berkuda pacu semakin termotivasi.

“Untuk tuan rumah Jawa Timur yang telah dihadiri Pak Menpora RI pada pembukaan, mudah-mudahan ini bisa memberikan semangat baru terutama bagi seluruh peserta dan komunitas berkuda di Indonesia,” ujar Triwatty pada kejurnas yang memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI dan uang pembinaan sebesar Rp 310 juta ini.(sin.id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button