FORKADA

Ny. Emiko Hadiri Rakor FORIKAN Propinsi Sumbar Tahun 2021

9 November 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id— Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Propinsi Sumbar tahun 2021 kembali di gelar, Ny. Emiko Epyardi Asda pun ikut hadir dalam ajang forum tersebut, bertempat di Auditorium Gubernur Sumbar (9/11).

Turut hadir dalam forum ini, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah,  Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat Ny.  Harneli Mahyeldi,  Ketua Forikan Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi,  Ketua Forikan Kabupaten/ Kota,  Narasumber Ketua Forikan Pusat Dr. Joko Maryono (materi mengenai Penanganan Stunting), Kepala dinas perikanan kab solok Admaizon.

Yulia Madona sebagai panitia pelaksana mengatakan bahwa  Ikan sebagai salah satu makanan yang sehat dan bergizi perlu banyak dikonsumsi untuk kesehatan dan meningkatkan kecerdasan.  Peserta rakor kali ini lebih kurang 100 orang yang berasal dari Kabupaten/ Kota di Sumbar.

Ketua Forikan Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi mengatakan kepada Ketua Forikan yang sudah dikukuhkan agar menjalankan kegiatan dengan sebaik mungkin, sasaran kita bagaimana tingkat konsumsi makan ikan masyarakat kita di Sumatera Barat ini meningkat  yang tentu dapat berpengaruh pada kecerdasan anak

Rakor kali ini dihadiri oleh ketua Forikan Kab/ Kota Bukittinggi,  Agam, Solok Selatan, Pasaman, Sijunjung, Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok.

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah menyebutkan dari tahun 2016 s/d 2019 terjadi peningkatan konsumsi makan ikan masyarakat kita, namun pada tahun 2020 terjadi penurunan yang dikarenakan pandemi covid-19, untuk itu kita herharap kedepannya konsumsi ikan kita dapat kembali meningkat

Kita perlu berupaya meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, yang mana ini menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan meningkatnya konsumsi ikan tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat,  kesehatan dan melahirkan generasi yang berkualitas.

Mari kita semua masyarakat untuk gemar memakan ikan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan terhindar dari stunting.

Dengan telah di kukuhkan pengurus Forikan hari ini dapat memicu semangat kita dalam usaha peningkatan konsumsi ikan kedepannya, jelas Mahyeldi. (billy@nsi-id)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button