HARI PAHLAWAN

Tandai Dengan Tabur Bunga, Pemko Solok Gelar Peringatan Hari Pahlawan Di TMP

Kota Solok, Suaraindependent.id – Peringatan Hari Pahlawan ke- 77 tahun 2022 ditandai dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Solok, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) bendera Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Kamis (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tingkat Kota Solok, awalnya dilaksanakan di Halaman Balaikota Solok. Ikut hadir, Forkopimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, para kepala OPD, KAN, Bundo Kanduang, para Legiun Veteran RI (LVRI) Kota Solok, Ketua KNPI Kota Solok, Rio Putra.

Selaku Irup, Walikota Solok membacakan Sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, “Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa.”

Disebutkan Risma, dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka.”

Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa, tutup Mensos Risma.

Seusai Upacara, Kegiatan dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kelurahan Nan Balimo. Bertindak sebagai pimpinan ziarah, Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadillan. (SR@nsi-id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button