Tak Berkategori

Kegiatan Ramadhan Dan Tadarrus Al-Qur’an Komplek Kebonjati Rembes Tegalgubug Cirebon, Diakhiri Acara Bukber Di Gang Kampung


Cirebon_Tegal Gubug, suaraindependentnews.id. | Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan yang di dalamnya penuh dengan keberkahan, rahmat dan maghfirah. Walau sedang berpuasa anak-anak yang ada di komplek Kebonjati ini sudah mulai belajar dan mengikuti Tadarrus yang diprogramkan oleh Mushola Al-Falah yang ada di komplek itu.

Dengan kegiatan inilah masyarakat dan anak-anaknya diharapkan menambah guyub, kompak. Dan anak-anak merasa gembira dan ceria. Padahal keberadaan komplek Kebonjati ini baru beberapa tahun aja keberadaannya, tempat ini yang tadinya merupakan daerah pesawahan dan perkebunan lokasinya persis di belakang Pasar Sandang Tegalgubug, Arjawinangun Kabupaten Cirebon.

Saat mulai dibuka tahun 2010 komplek ini bagaikan rumah tumbuh, satu persatu pemilik tanah yang dibeli dari Bapak H. Abdul Ajid dari tahun ke tahun tumbuh menjadi komplek perumahan laksana daerah komplek perkotaan di tengah-tengahnya berdiri sebuah mushola diberi nama Mushola Al-Falah.

Seiring dengan berjalannya waktu, dengan berdirinya mushola sebagai pusat kegiatan masyarakat bisa menjadi perekat dan pemersatu warga masyarakat di komplek Kebonjati. Terbukti di bulan Ramadhan tahun ini ada kegiatan tadarrus yang dilaksanakan oleh Bapak-bapak dan ibu-ibu serta anak-anak terasa memberikan suasana yang adem, nyaman dan penuh barokah.

Di komplek ini setiap malam di hari-hari biasa diisi dengan mengaji Al-Qur’an dibimbing oleh ibu-ibu yang ada di komplek Kebonjati diantaranya, Ibu Azzah, Ibu Junaenah dan Ibu Rahmawati. Mereka bertiga semangat tanpa henti diiringi keikhlasan dalam membimbing anak-anak sekalipun di komplek ini belum ada lembaga pendidikan Al-Qur’an seperti TPQ.

Komplek ini diketuai oleh Bapak Lukman, Imam Mushola Bapak Selamet Ardi dan motor penggerak sekaligus orang yang selalu memberikan program-program segar adalah Bapak Ghufron. Bapak Ghufron selalu memberikan semangat memberikan ide-ide segar seperti membuat saluran air karena di daerah ini sangat susah sumber airnya hingga masyarakat bisa menikmati fasilitas ini.

Acara kegiatan Ramadhan ini ditutup dengan acara buka bersama dengan seluruh warga masyarakat dan anak-anak komplek Kebonjati. Dihubungi secara langsung Bapak Lukman, bapak selamet Ardi dan Bapak Ghufron, mereka sangat berharap keberadaan komplek ini bisa menjadi daerah yang berkah dan maju.

Hikmah dari kegiatan Ramadhan tahun ini:
1.Menciptakan warga masyarakat yang Baldatun Thoyyibatun Warrobun Ghofur dalam bingkai kesatuan dan persauan.
2.Bulan Puasa menguatkan keimanan dan kreatifitas masyarakat dan anak-anak.
3.Bulan Ramadhan sebagai sarana peningkatan amal ibadah kepada Allah SWT.
4.Meraih keberkahan bulan ramadhan dari tahun ke tahun lebih meningkat.
5.Menjaga silaturrahmi antar warga. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button