PEMKOT GUNUNGSITOLI

Wakil Walikota Gunungsitoli Hadiri Kegiatan Nias Ethnic Music Competition Kota Gunungsitoli Tahun 2023

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan Nias Ethnic Music Competition Kota Gunungsitoli Tahun 2023 bertempat di Taman Ya’ahowu, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Sabtu (18/03/2023).

Sesaat sebelum membuka acara, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli,SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Nias Ethnic Music Competition merupakan kegiatan yang sangat menarik dan karena dikemas sangat sederhana tanpa mengurangi maksud dan tujuan kegiatan dimaksud.

“Hal-hal seperti ini menarik, penuh dengan ide dan kreativitas, Saya sangat tertarik, bahwa kreativitas semakin bertambah, karena kita butuh hal-hal yang baru yang dapat menghibur di Kota Gunungsitoli,”ucapnya.

Sowa’a Laoli juga berharap event seperti Nias Ethnic Music Competition dapat dilaksanakan secara rutin. Bahkan event dengan bentuk-bentuk lain yang dapat menyalurkan kreativitas untuk semakin digiatkan pelaksanaannya.

“Kita berharap terutama di bidang pariwisata, teruslah berpikir tuntuk menciptakan-hal-hal yang bisa menghibur kita di Kota Gunungsitoli. Saya berharap kompetisi seperti ini mampu menjadi event tahunan sehingga menjadi daya tarik dan promosi pariwsata Kota Gunungsitoli,”harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tema’aro Telaumbanua, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud pelaksanaan kegiatan adalah untuk memberi ruang kepada pelaku seni menampilkan hasil karya kreativitas dalam bentuk kemasan yang kekinian, melestarikan karya seni dan budaya Nias di Kota Gunungsitoli dan enciptakan peluang ekonomi yang berdampak bagi pelaku usaha wisata dan masyarakat pada umumnya. Sedangakan tujuannya adalah pelestarian tradisi daerah, mengali kreativitas sekaligus instrumen dalam meningkatkan daya tarik Kota Gunungsitoli sebagai kota yang berdaya saing dan kreatif yang pada gilirannya akan menjadi inspirasi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Nias.

“Peserta erjumlah 12 kelompok yang terdiri dari komunitas kreatif dan kelompok seni atau sanggar dari Kepulauan Nias,” ucap Tema.

Adapun yang menjadi juara pada kompetisi tersebut adalah

Juara I : Sanggar Ladari

Juara II : Sanggar Laeru Nama

Juara III : Sanggar Lewio

Juara IV : Sanggar Krammer

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Nias AKBP Lufti, S.IK, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gunungsitoli Folata Mendrofa S.Pd.SD, Kepala Bappelitbang Karya  Bate’e, SSTP., MAP, Kepala Dinas Kota Gunungsitoli Wilser J. Napitupulu S.Si.Apt, MPH dan mewakili Dandim 0213/Nias. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button