KODAM III/SLW-MABES TNI

137 Pemuda Terbaik Jabar Dan Banten, Digodog Di Lembah Wayang

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (DIKMATA) TNI AD Gelombang I TA. 2023 di Lapangan Upacara Secata Rindam III/Siliwangi Pangalengan Kabupaten Bandung, Jum’at 29 September 2023.

Sebanyak 137 orang siswa Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA. 2023 dilantik dengan pangkat Prajurit Dua (Prada). Prosesi Pelantikan di Lembah Wayang diawali dengan pengucapan Sumpah Prajurit sebagai janji luhur kepada bangsa dan negara serta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selanjutnya dilakukan penyematan pangkat Tamtama dan penyerahan ijazah kepada perwakilan terbaik atas nama Prada Reno M. Manurung.

Usai pelantikan, para mantan siswa Tamtama menampilkan berbagai ketangkasan prajurit yaitu demonstrasi kolone senapan, senam barbel balok, BDM dan gerakan perorangan.

Pangdam III/Slw menyampaikan kebanggaannya karena setelah melalui tahap pertama pendidikan, terlihat mulai memahami sikap dasar keprajuritan, peraturan dan ilmu kemiliteran. Semua tampak dari demonstrasi yang ditampilkan kalau sudah memahami sebagian tugas seorang prajurit.

“Apa yang sudah dimiliki bukan untuk menakut-nakuti dan menyakiti masyarakat, tetapi untuk membantu dan melindungi masyarakat. Ingat, ibu kandung seorang prajurit adalah Rakyat”, ujar Pangdam.

Tugas pokok TNI adalah membela dan melindungi masyarakat karena Prajurit sebagai kesatria bangsa dan patriot NKRI sekaligus ujung tombak di tempat tugas operasi. Sehingga harus memahami apa yang sudah didapatkan selama pendidikan.

“Ingat kalian adalah pemuda-pemuda yang terpilih dari sekian banyak yang ingin menjadi prajurit TNI AD, jangan sia-siakan apa yang sudah diraih”, jelas Pangdam.

Pangdam menegaskan bahwa setiap prajurit harus memahami dan mengamalkan sumpah yang sudah diucapkan, karena sumpah itu langsung terikat kepada yang maha Kuasa.

“Manakala di dalam hati sanubarimu itu keinginan menjadi benteng NKRI, maka kalian akan menjadi seorang prajurit yang memiliki karakter kuat dan berakhlak mulia”, pesan Pangdam.

Turut hadir pada upacara tersebut, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Danrem 062/Tn, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Danbrigif 15/Kujang II, para Kabag Rindam III/Siliwangi, Dandim 0624/Kabupaten Bandung, Dandodikjur Rindam III/Slw, Dandodiklatpur Rindam III/Slw, Dansecaba Rindam lll/ Slw, Danyonzipur 3/YW serta Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi beserta pengurus. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button