KESEHATAN

388 Orang Warga Kecamatan Kayoa Sudah Di Vaksin

Halmahera Selatan, Suaraindependentnews.id – Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 bagi warga masyarakat Wilayah Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, tahap 3 kembali dilakukan di UPTD Puskesmas Kecamatan Kayoa Desa Guruapin Rabu (14/07/2021).

Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kayoa membawahi 7 Desa diantaranya Desa Guruapin, Desa Bajo, Desa Karamat, Desa Tawabi, Desa Gafi, Desa Laigoma dan Desa Siko.

Warga yang hadir melakukan Vaksinasi Covid 19 diatas usia 18 tahun, yang berlangsung pada (14/07/2021) dengan jumlah total 9 orang, diantaranya Desa Guruapin terdiri 7 orang, Desa Karamat 1 orang, Desa Bajo 1 orang.

Data capaian Vaksinasi UPTD Puskesmas Kayoa untuk keseluruhan yang sudah melakukan Vaksin covid 19, yang Terhitung sejak pelaksanaan program Vaksinasi dari tahap pertama hingga tahap ketiga dengan jumlah total 388 orang. Diantaranya Petugas Kesehatan 67 orang, Usia Lanjut 28 orang, Pelayan Publik 218 orang, dan masyarakat umum 75 orang. Dari jumlah tersebut gabungan dari 3 Desa yakni Desa Guruapin, Desa Bajo, dan Desa Karamat dalam Wilayah Kerja Puskesmas Kayoa.

Koordinator Imunisasi Muhamad Guntur Abu Bakar, Amd, Kep, menyampaikan Untuk Desa tawabi, Desa Laigoma, Desa Gafi, dan Desa Siko akan dijadwalkan pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 usai lebaran Idul Adha, ungkapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Kayoa Fahrudin U. Sabtu SKM, saat ditemui awak media sesudah Vaksinasi menghimbau bagi warga yang belum di Vaksin segera melakukan vaksinasi “Kita tetap mengikuti anjuran dari pemeritah Pusat maupun pemerintah Daerah dalam program Vaksinasi Covid 19, untuk menangkal penyebaran Virus Covid 19. Jadi bagi masyarakat yang belum pernah melakukan Vaksinasi segera melakukan Vaksinasi, Jangan takut, proses Vaksinasi juga petugas kesehatan telah menyiapkan 4 meja, yang mana setiap meja sudah ada petugas berfungsi menanyakan terkait kesehatan sebelum di Vaksin. jika peserta Vaksin ditemukan penyakit bawaan, maka peserta tersebut tidak akan di Vaksin”, jelasnya

Kepala Puskesmas menambahkan bagi setiap warga yang melakukan vaksinasi jangan lupa memakai masker dan membawa kartu tanda penduduk (KTP) pada saat tiba ke lokasi vaksinasi tersebut. Vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan di kapal terpung teras BRI pada Hari Jumat mendatang (16/07/2021), sekira pukul 09:00 WIT, Mari kita sukseskan Vaksinasi Covid-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan.
Proses pelaksanaan Vaksinasi hari ini juga dipantau langsung oleh TNI/Polri di lokasi UPTD Puskesmas Kayoa.

Danramil 1509-05/Kayoa. Kapten Inf Pardan menyampaikan setelah pemantauan proses Vaksinasi Covid 19 saat diwawancarai awak media dilokasi Vaksinasi, “Dengan adanya Virus varian baru yang menyebar di berbagai provinsi di indonesia, maka Pemerintah Pusat menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melakukan Vaksinasi diberbagai daerah.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI No.14 tahun 2021. Bahwa barang siap yang tidak melaksanakan Vaksinasi dapat di berikan sangsi administrasi berupa :
1. Penundaan/penghentian penerimaan jaminan sosial atau bantuan sosial.
2. Penundaan/Penghentian layanan Administrasi Pemerintah. Yakni pengurusan pernikahan/Penceraian, lamaran kerja, BLT/Bansos, SKCK, KTP dan lain-lain.
Ayo.. mari torang samua rame-rame Ba- Vaksin supaya terhindar dari Virus Covid 19. Dan kita sama-sama Jaga Iman, Jaga Imun, Jaga Aman, Ujarnya.

Koordinator imunisasi Muhamad Guntur Abubakar, Amd, Kep, sempat juga mengingatkan bagi warga Kecamatan Kayoa bahwa “Masyarakat tidak perlu takut melakukan Vaksinasi Covid 19, dan jangan mudah terbius dengn informasi yang tidak jelas sumbernya (Hoaks), jangan ada kekhawatiran Vaksinasi yang telah diberikan karena Vaksin tersebut melalui tahap uji coba dan hasilnya terbukti Aman dan Halal. Vaksinasi menjadi upaya yang baik untuk mencegah penularan Covid 19. Sebab adanya Vaksinasi dapat membentengi atau membentuk imun tubuh kita agar tidak mudah terjangkit Virus Corona.

Lanjut Muhamad Guntur Abu Bakar, Amd, Kep, Bahwa masyarakat harus tahu Vaksinasi bukan berarti kita bebas dari Covid-19, tetapi gejala yang di timbulkan bisa lebih ringan, sehingga kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, pungkasnya. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button