Tak Berkategori

Polres Simalungun Dibantu Unit Intel Kodim 0207/Simalungun Berhasil Amankan Pencuri Rel Kereta Api, Benget Penyedia Truck

Simalungun || suaraindependentnews.id,
Dalam menangani terkait tindak pidana pencurian besi rel kreta api Intel kodim berhasil mengamankan tersangkat palaku pencurian dan setelahnya memyerahkan kepada pihak polres simalungun melalui sektor Serbelawan guna untuk dimintai keterangan serta diperiksa oleh pihak kepolisian, terduga pelaku Ridho Syaputra Lubis melakukan aksi pencurian rel kereta api di Gang Eben Ezer Kelurahan Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Senin (17/04/2023) sekira jam 13.30 WIB. Bersama dengan kompolotannya.

Sesuai keterangannya, Ridho melakukan pencurian besi rel, Selasa (04/04/2023) sekira jam 03.00 WIB. Kepada penyidik, Ridho mengaku saat beraksi ia dibantu 5 rekannya yakni, Benget Sinaga (47) Bima (28), Silo (28), Dedi (35). Keempat rekan pelaku ini warga Lorong 7 Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok kabupaten Simalungun.

Syanur Bani (21) yang merupakan warga Dusun pabatu VI Kecamatan Dolok Merawan kabupaten Serdang Bedagai. Kelima rekan kompolotan tersebut mempunyai peranan masing-masing yakni sebagai pemotong besi rel kereta api ada juga memasukkan ke dalam bak mobil yang disiapkan oleh Benget Sinaga.

Ridho memiliki keberanian melakukan pencurian karena adanya perintah dan dukungan dari Benget Sinaga. Dan diketahui aksi pencurian besi rel sudah dilakukan sebanyak 4 kali di Gang Eben Ezer. Rel yang diambil Ridho jenis Balas Stoper atau penahan sebelah kanan dan kiri.

Dalam beraksi para pelaku menggunakan berbagai alat yakni 1 buah tabung gas elpiji warna hijau ukuran 3 kg, 1 Tabung gas oksigen, 1 unit Truk nopol 8790 WK warna kuning disediakan Benget Sinaga dan sudah dibayar sebesar Rp 1.2 juta.

Sementara saat ini Mobil Colt Diesel yang digunakan untuk mengangkut hasil curian sudah ditahan di Mako Polsek Serbalawan. Dia mengaku hasil penjualan besi rel kereta api, Benget Sinaga mendapatkan pembagian bervariasi yaitu Rp3 juta, 2 juta dan 1.5 juta.

Komunikasi Lewat Aplikasi Whatsapp Sebelum beraksi, tepatnya hari Selasa, tanggal 04 April 2023 sekira jam 03.00 WIB, Benget Sinaga menghubungi Rhido melalui aplikasi whatsapp dan bertanya kenapa tidak bekerja Do? (maksudnya kegiatan pencurian besi rel kereta api).
Kemudian Ridho menjawab tidak ada kendaraan pak. Benget Sinaga lalu mengatakan kenapa tidak bilang, ada mobil kawanku ini L300 dan Colt Diesel.

Kemudian Ridho bertanya, kalau L300 berapa? Kalau Colt Diesel berapa rentalnya pak?
Benget Sinaga menjawab L300 Rp1 juta, Colt Diesel Rp 2 juta. Akhirnya disepakati Ridho menyewa mobil Colt Diesel sembari mengatakan,.
“Kerjanya besok hari aja karena yang punya mobil sudah istirahat.” ucap Benget kepada Ridho.

Esok harinya, Ridho kembali menghubungi Benget Sinaga dan bertanya “Gimana mobil itu pak, ada ngak? dan dibalas “Do, mobilnya sudah ada, tapi yang punya mobil minta uang muka dan jaminan kereta.” Jawab Benget dan dibalas Ridho “oke pak”.

Dengan demikian, Ridho memberikan uang muka rental sebesar Rp1.2 juta beserta 1 unit sepeda motor Yamaha Vega ZR warna hitam putih sebagai jaminan sesuai dengan pembicaraan sebelumnya.

Benget Sinaga akhirnya menyerahkan 1 Unit mobil Colt Diesel untuk mngangkut besi rel kereta api hasil curian. Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, Ridho Syaputra Lubis sudah ditetapkan tersangka dan keterangan dia (red) keterlibatan Benget Sinaga sesuai keterangan ridho.(ps)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button