POLITIKTOKOH

Survey Terbaru Lembaga Liberte Institute, 11 Caleg Dapil 1 Lubuk Sikarah Berpotensi Raih Kursi DPRD Kota Solok

Direktur Riset Liberte Institute, Indrayadi merilis hasil survey untuk Caleg Dapil 1 Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok 

Kota Solok, Suaraindependent.idUsai merilis hasil survey Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Lembaga Survei Liberte Institute kembali merilis hasil survei Caleg DPRD Kota Solok periode 2024-2029 dari Dapil 1 yaitu Kecamatan Lubuk Sikarah.

Survei tersebut dilaksanakan pada 28-29 Januari 2024,” ungkap Direktur Riset Liberte Institute, Indrayadi yang mewawancarai secara langsung sebanyak 170 responden di seluruh kelurahan dan sebagian RW di Lubuk Sikarah.

Pada survey kali ini, muncul wajah wajah baru yang tampil perdana di kancah politik Kota Solok. Namun wajah baru tersebut memiliki peluang besar untuk meraih kursi DPRD Kota Solok, hingga mampu menyingkirkan beberapa tokoh tokoh partai yang sudah teruji di Kota Solok. Salah satu wajah baru tersebut ialah Mira Harmadia, S.S

Hasil survey Liberte Institute mengungkapkan, kader perempuan dari partai PKS yang akrab dipanggil Mira Debong ini memiliki peluang sebesar 3,5%. Walau hanya mendapatkan peluang kursi kedua, namun CEO Perdana Ban ini berhak dilantik menjadi anggota DPRD Kota Solok pada Agustus 2024 mendatang.

Lain halnya dengan Rusdi Saleh, salah satu inkumben DPRD Kota Solok dari partai PAN. Tokoh yang digadang gadangkan akan melenggang kembali meraih kursi di DPRD Kota Solok, diprediksi oleh lawan lawan politiknya akan terpuruk pada Pileg tahun ini

Namun fakta berkata lain, perjuangan yang didasari sebuah keikhlasan tersebut tidak pernah berdusta. Hasil dari survey Liberte Institute, Rusdi Saleh memiliki peluang besar untuk kembali melanjutkan periode kedua di legislatif Kota Solok dengan meraih 7,1%

Kader partai berlambang matahari ini merupakan sosok yang di rindukan oleh warga Kota Solok. Tidak saja di daerah pemilihannya (Lubuk Sikarah), pada daerah pemilihan Tanjung Harapan, lakek tangan seorang Rusdi Saleh sudah dinikmati oleh masyarakat Kota Solok sampai saat ini. Bahkan dibeberapa daerah di wilayah Kabupaten Solok, jejak jejak perjuangan Rusdi Saleh hingga kini masih berbekas.

Berikut adalah 11 Nama Caleg yang berpotensi duduk hasil Survei Liberte Institute:

Ardi Alhakim 10% dari Gerindra

Taufik Nizam Siyak Marajo 10% dari PKS

Rama Denai, SE dari Golkar 8,2%

Rusdi Saleh 7,1% dari PAN

Heri Afrianto 5,3% dari Demokrat

Andi Marianto ST, 4,7% dari Golkar (Kursi kedua)

Andri Marant 5,3% dari PPP

Yusmanita, SH 3,5% dari Nasdem

Mira Harmadia, S.S 3,5% dari PKS (kursi kedua)

Wazadly, SH 2,4% dari PBB

Rusnaldi, A.Md 1,8% dari Hanura.

Hasil survey Dapil 1 memperlihatkan Golkar masih sangat dominan seperti Pemilu sebelumnya. Golkar dapat mempertahan posisi sebagai Ketua DPRD Kota Solok pada periode 2024-2029.

Lembaga Liberte Institute

Liberte Institute merupakan lembaga survei resmi dan anggota dari AROPI (Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia).

Liberte Institute telah melakukan survei diberbagai Provinsi di Sumatera dan telah terbukti akurat selama lebih dari 13 tahun sejak berdirinya pada 2010.

Untuk Kota Solok, hasil survey Liberte Institute telah terbukti akurat pada Pilkada Kota Solok 2020 yang lalu.

Kini, Indrayadi MSi dalam fase penyelesaian Program Doktor Studi Kebijakan FISIP UNAND.

Metode Multistage Random Sampling

Ia mengatakan bahwa survey Liberte Institute tersebut menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah responden yang diwawancarai adalah 170 orang yang diambil dari semua Kelurahan dan sebagian RW di Kecamatan Lubuk Sikarah. Survei ini memiliki margin of error sebesar 7,5% dan tingkat kepercayaan hingga 95%,” tuturnya.

Lanjut Indra, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait dengan calon DPRD Kota Solok Dapil 1 yang akan dipilih pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Pewawancara lapangan adalah sarjana S1 hingga S2 yang telah dilatih oleh Liberte Institute.

Wawancara yang dilakukan oleh surveyor dikontrol secara sistematis oleh tim Liberte Institute dengan melakukan cek ulang di lapangan sekitar 30% dari total data responden yang masuk, untuk menjamin akurasi data yang diperlukan,” ungkapnya. (Billy@nsi-id)

Sumber ; patronnews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button