KODAM III/SLW-MABES TNI

Simulasi Tempur Gladi Model Remote Kontrol, Ide Pangdam III/Siliwangi Di Aplikasikan Di Rindam

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Rindam III/Siliwangi berinovasi untuk melatih prajurit dengan membuat Lapangan Simulasi Tempur Remot Kontrol di Markas Rindam III/Siliwangi Jl. Menado No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Jum’at 24 Maret 2023.

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Lukman Hakim menyampaikan Lapangan Simulasi Tempur Remot Kontrol adalah ide Pangdam III/Slw yang ditempatkan di Rindam III/Slw merupakan salah satu media untuk melatih prajurit dalam melaksanakan gladi model dengan menggunakan sarana Alin dan Alongin remot kontrol.

“Sebelum kita melaksanakan latihan dengan pasukan, baik latihan tingkat Kompi maupun latihan siap operasi, kita akan melatihkan prajurit-prajurit kita di lapangan simulasi remot kontrol ini dengan menggunakan metode Gladi Model atau Tactical Floor Game (TFG). Namun diaplikasikan dengan penerapan remot kontrol maupun inovasi lain yang sudah kita terapkan, diantaranya BMS dan MT55 untuk memantau semua pergerakan yang dilaksanakan prajurit di lapangan”, terang Danrindam.

Kegiatan simulasi tersebut sudah terintegrasi dengan seluruh kecabangan dengan medan yang akan disimulasikan. Topografi mendukung dengan membuat peta simulasi atau peta hipotesis yang nantinya bisa dimasukan ke dalam aplikasi BMS.

“Saat ini kita demontrasikan latihan gladi model dengan menggunakan remot kontrol pada operasi serangan. Nantinya medan simulasi ini akan di sesuaikan dengan kebutuhan latihan, seperti latihan penanggulangan bencana alam serta latihan pertempuran kota”, jelas Danrindam.

Kegiatan ini dilihat langsung oleh Letjen TNI Purn Putranto mantan Dankodiklatad dan Dirdok Kodiklatad Brigjen TNI Agustinus Purboyo, S. I. P., M. Tr (Han)., sehingga diharapkan menjadi motivasi buat Dansat untuk bisa melatihkan prajuritnya melalui inovasi dan improvisasi. Harapannya dari latihan yang dilaksanakan dapat menunjang keberhasilan tugas pokok satuan maupun tugas pokok Kodam.

Pada kesempatan itu Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan bahwa Kodam III/Siliwangi membangun kemampuan prajuritnya dari simulasi-simulasi menjadi wujud yang sesungguhnya, kemudian menganalisa potensi-potensi yang bisa diambil dari aspek sarana prasarana serta metode sampai kepada tugas pokok. Selanjutnya pengembangan metode latihan dengan mengoptimalkan gladi model menggunakan remot kontrol.

“Saya harapkan, kedepan tiap satuan memiliki simulasi medan tempur, sehingga pada setiap pelaksanaan latihan akan lebih menyenangkan buat prajurit dan akan lebih mudah menyerap materi yang diberikan oleh pelatih atau Komandan satuan”, jelas Pangdam.

Hadir dalam kegiatan Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, para Danyon jajaran Kodam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button