POLRI

Sobat Polri, Humas Polri Secara Resmi Terlahir Pada Tanggal 30 Oktober 1951 Dengan Sebutan Nama Dispenpol Atau Dinas Penerangan Polri

JAKARTA, suaraindependentnews.id – Tahun 2001, Dispenpol berganti nama menjadi Puspenpol, atau Pusat Penerangan Polri. Pada tahun 2002 berganti menjadi Badan Humas Polri. Dan pada tahun 2005, Badan Humas Polri berganti nama menjadi Divisi Humas Polri, dan digunakan hingga saat ini.

Genap 71 tahun usianya, Humas Polri kini menjadi Divisi yang Strategis dan vital yang mengolah dan menyampaikan informasi dari organisasi kepada masyarakat ataupun sebaliknya.

Semoga Divhumas Polri bisa terus menjadi garda terdepan, Penyambung suara Polri untuk masyarakat, dan penyambuang suara Masyarakat Untuk Polri. Selamat Hari Jadi Divhumas Polri ke 71.

Arti Dan Filosofi Logo Divhumas :
1. Lingkaran luar berwarna hitam bertuliskan objektif, dipercaya dan partisipasi berwarna putih, merupakan moto Humas Polri. Kemampuan Humas Polri dalam memberikan informasi secara objektif agar dapat membentuk opini dan citra positif terhadap institusi Polri, guna membangun kepercayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan dukungan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

2. Lingkaran dalam berwarna merah putih.
-Melambangkan Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia.

-Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara terus menerus mengadakan interaksi dengan lingkungan dan selalu waspada terhadap propaganda lawan, untuk mewujudkan kesatuan wilayah, bangsa dan keamanan dalam menciptakan keutuhan NKRI.

3. Garis tengah berwarna hitam
-Melambangkan garis Khatulistiwa dimana letak Negara Kesatuan Republik Indonesia.

-Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terletak di antara dua samudra dan dua benua merupakan letak Negara yang strategis.

4. Tiga buah bintang segi lima berwarna putih.
-Melambangkan Bintang Segi Lima menunjukkan kelima sila “Pancasila” dan sebagai dasar NKRI.

-Tiga bintang berwarna putih melambangkan Humas Polri dalam melaksanakan tugas berpedoman kepada “Tribrata” secara tulus dan ikhlas.

5. Tameng berwarna hitam.
-Melambangkan pengabdian Humas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat melalui informasi dan publikasi yang objektif.

6. Tulisan Humas Polri berwarna kuning.
-Melambangkan keagungan fungsi Humas Polri yang sangat diperlukan dalam memasyarakatkan kinerja Polri.

7. Obor berwarna putih.
-Melambangkan memberikan informasi dan penerangan secara cepat, benar, tepat dan akurat.

-Memberikan informasi tentang tugas mulia Polri dalam memelihara Kamtibmas, penegakan hukum dengan melaksanakan perlindungan, pengayoman serta pelayanan masyarakat.

8. Lidah api berwarna merah.
– Melambangkan bahwa “Catur Prasetya” dijadikan sebagai pedoman kerja dalam bidang kehumasan. (Humas, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button