SOSIAL

TRC Ormas Laskar Banten DPD Jabar Gerak Cepat Bantu Warga Korban Gempa Sukabumi

SUKABUMI-JABAR || suaraindependentnews.id – Gempa bumi dengan kekuatan manitude 4,6 terjadi di Sukabumi, Kamis (14/12/2023), sekitar pukul 06.30 WIB. Titik gempa berada di 6.76 LS-106.53 BT atau 25 kilometer Barat Laut Kabupaten Sukabumi di kedalaman sekitar 5 kilometer.

Gempa juga dirasakan warga di Kabupaten Bogor. Sejumlah wilayah di Sukabumi merasakan getaran cukup kencang sehingga membuat sejumlah rumah rusak sedang hingga berat.

Menurut data yang dihimpun oleh tim penanggulangan bencana di Kecamatan Kabandungan, gempa bumi menyebabkan 4 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang, dan 15 rumah rusak ringan di Kampung Pasirmasigit, Desa Cipeuteuy.

Gempa bumi kali ini menyebabkan 6 rumah dan 1 masjid rusak ringan serta berdampak pada enam keluarga di Kampung Cisalimar, Desa Cipeuteuy.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Ormas Laskar Banten Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Barat seperti biasanya gerak cepat untuk membantu warga yang tertimpa musibah bencana tersebut. Mereka langsung meluncur ke lokasi bencana pada hari Jumat, 15 Desember 2023.

Berkolaborasi dengan BPBD Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan beberapa tim relawan lainnya, TRC Ormas Laskar DPD Banten Jabar yang di pimpin langsung oleh Kepala Divisinya yang bernama Luki, dan jajarannya yaitu Egi, Yat man, beserta anggota srikandinya yang bernama Iis dengan sigap terjun ke lokasi bencana, demi misi kemanusiaan dan membantu sesama manusia agar warga yang tertimpa bencana merasa teringankan bebannya.

Mereka (TRC Ormas laskar Banten Jabar), memang dikenal sering terjun ke lokasi bencana serta selalu gerak cepat membantu masyarakat yang mengalami musibah bencana dimana pun. Maka, tak heran jika mereka selalu mendapat apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk dari Jabar Quick Respon (JQR) dan BPBD Jawa Barat serta BPBD yang berada di Kota ataupun Kabupaten.

Dilokasi bencana itu, TRC Ormas Laskar Banten Jawa Barat, dengan peralatan dan perbekalan yang seadanya, mereka tak mengenal lelah dengan sukarela membantu mengevakuasi warga (mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia), membersihkan puing-puing, membantu memperbaiki rumah, memasak dan menyiapkan makanan untuk warga yang terkena dampak bencana serta membenahi fasilitas umum (seperti ; jalan, mesjid, sekolah dan lain-lain).

Mereka pun membawa dan membagikan obat-obatan, mie instan dan berbagai kebutuhan warga lainnya. Semua barang-barang itu terkumpul dari jajaran pengurus (DPD, DPC, DPAC, DPRT) juga anggota Ormas Laskar Banten yang ada di Jawa barat. Mereka secara ikhlas bergotong royong menyumbangkan uang, logistik dan tenaganya sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Selain itu, mereka juga menggalang dana dari para donatur, baik itu dengan menyebar proposal ataupun dengan cara mencari para dermawan dibeberapa lokasi yang berkenan menyumbangkan sedikit hartanya demi membantu para korban bencana tersebut. Setelah terkumpul mereka pun langsung mengirimkan setiap dana yang terkumpul dari para donatur itu tanpa memotong seperserpun dan tanpa pamrih.

Maka dari itu, Ormas Laskar Banten DPD Jabar berharap agar kegiatan ini bisa membuat masyarakat yang tertimpa musibah bisa sedikit tersenyum dan merasa terbantu.

Disisi lain, mereka ingin membantu setiap program pemerintah dalam hal bencana dan beberapa program lainnya. Serta memperlihatkan pada pemerintah dan masyarakat bahwa Ormas Laskar Banten adalah Ormas yang selalu peduli, cepat tanggap dan selalu aktif membantu masyarakat dalam hal bencana ataupun dalam berbagai kegiatan sosial lainnya.

Dan mereka pun berharap agar kegiatan ini akan membentuk jiwa sosial, jiwa peduli dan menumbuhkan semangat juga jiwa kebersamaan sesama pengurus beserta seluruh anggotanya. Selain itu juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi organisasi lainnya untuk selalu peduli dan cepat tanggap terhadap bencana ataupun musibah yang menimpa masyarakat yang ada di indonesia ini. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button