Peristiwa

Pasca Gempa Bumi, Pemkab Solok Kirim Ekscavator Dan Beras Ke Pasaman Barat

Kepala Dinas PUPR Kab Solok Vivi Fortuna turun langsung antarkan satu unit ekscavator jenis backhoe loader ke Kab. Pasaman Barat

Jumat, 25 Februari 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id — Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar kerahkan Ekscavator ke lokasi pusat gempa bumi serta membawa sebanyak 5 Ton Beras bantuan pasca Gempa bumi dengan 6,2 magnitudo yang terpusat di Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat, Jumat (25/2) sekira pukul 08:35 WIB.

Gempa Bumi dengan kedalaman 10 km, Lok:0.14LU,99.99 BT 18 km Timur Laut tidak berpotensi tsunami. Namun gempa bumi tersebut berhasil meluluhlantakan sebagian wilayah Propinsi Sumatera Barat, dan getarannya juga terasa hampir ke seluruh Kab/ Kota yang ada di Sumbar. Korban jiwa berjatuhan, ribuan warga terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman.

Terkait kondisi tersebut, sebagai daerah yang juga rawan bencana, Bupati Solok Epyardi Asda memahami apa yang dibutuhkan di daerah bencana. Epyardi perintahkan Dinas terkait (PUPR) untuk menurunkan langsung satu unit ekscavator jenis backhoe loader.

“Pagi ini saya bersama rombongan menuju lokasi pusat gempa. Tadi malam saya sudah kirimkan satu unit alat berat untuk membantu di Pasaman Barat. Kami juga bawa bantuan sekitar 5 ton beras, uang senilai Rp100 juta dan produksi tani kami seperti cabe dan lainnya juga kami bawa,” tutur Bupati.

Tak sampai disitu, Epyardi juga menugaskan seluruh fungsi OPD terkait untuk ikut membantu ke lokasi terdampak gempa di Pasaman Barat. terlihat Kadis PUPR Vivi Fortuna, Kalaksa BPBD Armen,Kadis Kesehatan Zulhendri, Kadis Sosial Syaoufitri, dan lainnya.

“Tagana, BPBD, dan Dinkes dengan ambulance serta obat-obatan. Saya juga tugaskan untuk membantu membuat tenda untuk dapur umum,” terang Epyardi.

Musibah yang dialami warga Pasaman Barat juga dirasakan oleh masyarakat Sumatera Barat. Dan Kabupaten Solok juga merasakan duka yang mendalam. Ini merupakan bencana kita bersama, dan sudah seyogyanya kita ikut andil dalam meringankan beban saudara saudara kita yang terkena musibah.

“Sama-sama kita ketahui, semua ini musibah dari Allah. Hanya kepadaNYA kita berserah diri minta perlindungan. Namun, kita juga harus bangkit, saling membantu saling menguatkan,” tutup Epyardi Asda Bupati Solok. (billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button