Seni Dan Budaya

Bupati Kukuhkan Pengurus LBNB Kabupaten Nias Barat

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat kukuhkan Pengurus Lembaga Budaya Nias Barat (LBNB) Masa Bakti 2021-2026, bertempat di Aula Soguna Ba Zato, Onolimbu, Selasa (13/07/2021).

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalan sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa, lembaga Budaya Nias Barat merupakan lembaga publik yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan lingkungan dan pendidikan pada masyarakat yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat serta kepentingan nasional sebagaimana tercermin pada Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Warisan budaya merupakan salah satu aset yang harus dipertahankan dan dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata. Warisan budaya ini tentunya menduduki peranan penting, mengingat trend wisata budaya berbasis kebudayaan lokal saat ini menjadi semakin menguat ditengah berkembangnya trend destinasi digital. Salah satu indikator kesuksesan penyajian warisan budaya berada pada peranan Lembaga Budaya Nias Barat yang akan kita kukuhkan hari ini.

Peran lembaga budaya adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bidang pariwisata dan kapasitas masyarakat untuk melestarikan budaya daerah serta mampu mengajarkan dan menghidupkan kembali kreatifitas dan meningkatkan keterampilan budaya lokal. Dalam hal melestarikan budaya daerah khususnya Kabupaten Nias Barat menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengembangkannya, agar tetap terjaga dan dikenal masyarakat luas khususnya Kabupaten Nias Barat dan terlebih-lebih di luar Kabupaten Nias Barat ini, bahkan ditingkat nasional.

Dihadiri Bupati Nias Barat, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan jajaran dan para Tokoh. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button