KODIM 0619/PWK-KOREM 063/SGJ KODAM III/SLW

Ciptakan Pemilu Damai, TNI Dan POLRI Berserta APDESI Kabupaten Purwakarta Gelar Silaturahmi

PURWAKARTA-JABAR || suaraindependentnews.id – Komandan Kodim 0619/PWK Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S. Sos, M.Si menghadiri kegiatan Silaturahmi bersama TNI, Polri dan Pengurus APDESI Kecamatan Plered. Kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan dan mewujudkan Pemilu damai di Purwakarta.

Kegiatan silaturahmi tersebut bertempat di Aula Desa Rawasari Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Dimana Kegiatan tersebut sebagai penanggung jawab adalah Tatang Taryana selaku Ketua DPC Purwakarta, Minggu 28 Januari 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S. Sos, M.Si (Dandim 0619/Purwakarta), AKBP Edwar Zulkarnain, S.I.K, S.H, M.H (Kapolres Purwakarta), Jaya Pranolo, S.Stp, M.Si (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Purwakarta),

Kemudian hadir juga Asep Sendjaya, S. IP (Camat Plered), Kapten Arm Witopo (Danramil 1902/Plered), AKP Ali Murtadho (Kapolsek Plered), Tatang Taryana (Ketua DPC Apdesi Kab. Purwakarta), H. Zuber Jaelani (Ketua DPK Apdesi Kec. Plered), Iip Saripudin (Ketua DPK Apdesi Kec. Tegal waru), Para Kades Kec. Plered dan Kec. Tegal waru.

Dalam Sambutannya Ketua APDESI Kab. Purwakarta menuturkan, Sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilu Pilpres dan Pilkada. Kita sebagai perangkat desa sepakat untuk mendukung TNI Polri dalam mensukseskan pemilu tahun 2024.

“Kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan ini di Kecamatan Wanayasa dan Kiarapedes yang dilaksanakan di desa Wanasari. Kami dari Apdesi akan mengunjungi kecamatan yang lain dalam kegiatan yang sama. Kita memiliki peran besar dalam pemilu ini. Kita berharap pemilu tahun 2024 ini aman dan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Selanjutnya Kadis DPMD Kab. Purwakarta dalam sambutannya menyampaikan, Hari ini kita sebagai aparat pemerintah desa dalam rangka pemilu tahun 2024 tentunya kita perlu menjaga keamanan, ketentraman dan kenyamanan desa. Kades memiliki kewajiban dan kewenangan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan lingkungan desa masing masing.

“Kewajiban dan kewenangan kades tidak bisa bekerja sendiri tapi perlu adanya bantuan baik dari Kecamatan, Koramil dan Polsek, untuk itu hari ini telah hadir Bapak Dandim dan Bapak Kapolres untuk memberikan arahan agar pemilu 2024 ini berjalan aman dan lancar serta damai. Kades kapan saja bisa langsung komunikasi dengan camat, Dandim dan kapolres,” katanya.

Kemudian Dandim 0619/Purwakarta dalam sambutannya mengatakan, Kita berkumpul di desa Rawasari ini merupakan kegiatan lanjutan. Kami dari Kodim dan Polres Purwakarta hadir disini untuk memberikan arahan terkait Pemilu 2024. Agar dalam pelaksanaan nanti situasi aman, nyaman dan damai.

“Kades memiliki tanggung jawab lebih dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024. Harapannya pesta demokrasi yang 5 tahun sekali ini selalu dalam kondisi aman, nyaman dan lancar. Kami mohon bantuan kepada para Kepala Desa sebagai ujung tombak wilayah agar dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 aman, damai dan kondusif.,” Pungkas Dandim.

Lebih lanjut Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S. Sos, M.Si menuturkan, Situasi saat ini masih aman dan damai namun kita jangan sampai terlena apalagi saat ini tahun politik. Tujuan kami yang paling utama adalah silaturahmi dengan para kepala desa. Di level Kecamatan ini ada camat, Danramil dan Kapolsek sehingga perlu adanya komunikasi yang baik sehingga kondisi wilayah Kec. Plered dan Tegalwaru tetap aman, nyaman dan damai.

“Apabila ditingkat desa ada keluhan contohnya Babinsa tidak pernah hadir di desa silahkan sampaikan kepada Danramil,” pesan Dandim.

Selanjutnya Kapolres Purwakarta mengatakan, Mari kita sama sama mensukseskan Pemilu tahun 2024 ini dengan aman dan damai. Kami selama berdinas di Polres Purwakarta situasi aman, nyaman dan damai. Kami mendengar tidak ada permasalahan warga yang tidak bisa diselesaikan, semuanya bisa diselesaikan.

“Kami berharap di tahun pemilu ini situasi selalu aman dan damai. Pemilih boleh berbeda pilihan tapi situasi harus tetap aman dan damai. Hindari gesekan selama pemilu ini, kita boleh berbeda pilihan tapi persaudaraan tetap terus di jaga. Apabila kepala desa ada permasalahan jangan sungkan untuk lakukan komunikasi sehingga perlu adanya mental yang kuat.,” Katanya.

Lebih lanjut Kapolres Purwakarta berpesan, Jangan berpikir kalau datang ke Polisi pasti harus ada uangnya, buang jauh jauh pemikiran tersebut. Kepala Desa coba kuatkan mentalnya terlebih dahulu, jangan diam saja, kalau ada permasalahan kenapa ga mau lapor kepada kami.

“Setiap permasalahan di desa jangan selalu dipenjarakan, lebih baik lakukan mediasi tujuannya supaya tidak ada dendam baik keluarga/saudara yang anaknya atau saudaranya dipenjara, tapi dengan mediasi dan ganti rugi akan lebih baik mereka berdamai sehingga silaturahmi tetap terjalin,” tutup Kapolres.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button