Peristiwa

Forkombes, Usung Hermawan Tri Handoyo Di Calonkan Sebagai Kandidat Ketua FKSB

SEMARANG, suaraindependentnews.id – Forum Komunikasi Ormas Bersatu Semarang atau lebih dikenal sebagai FORKOMBES kemaren mengumumkan siapa yang diajukan atau direkomendasikan untuk menjadi salah satu Kandidat untuk menjadi Ketua FKSB Kota Semarang yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022 di Kota Semarang.

Kandidat yang diusung ini merupakan tokoh masyarakat yang memang aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan, kepedulian sosial serta aktifis di berbagai organisasi Hernawan Tri Handoyo yang lebih akrab dipanggil Han inilah kandidat yang selama ini diyakini oleh FORKOMBES untuk menjadikan Perubahan yang lebih baik untuk FKSB selaku Forumnya Ormas Semarang.

Juru bicara FORKOMBES Adhy Joko P, SH. MH. mengatakan saat ditemui awak media bahwa sudah saatnya adanya perubahan yang lebih baik dari yang sebelumnya, serta sudah waktunya kita bersama-sama gotong royong untuk menampung aspirasi dari Ormas-ormas se-Kota Semarang. Terutama untuk FKSB yang tupoksinya adalah wadah atau sarana berkumpulnya seluruh Ormas se-Kota Semarang.

“Dengan kami mengusung Han menunjukan bahwa saat ini sudah saatnya FKSB dipimpin oleh orang yang lebih baik, lebih terbuka, dan lebih profesional dalam menjalankan fungsi organisasi yang ada didalamnya agar tidak ada dugaan rumor-rumor yang jelek terstample di tubuh FKSB, serta jika Han ini menjadi ketua FKSB yang baru nanti dari Proses Musyawarah yang baik, benar dan objektif, maka saya yakin beliau bisa merangkul Ormas-Ormas yang sekiranya dulu diduga tidak tercover di FKSB saat dipimpin ketua yang lama”, ujarnya.

Selanjutnya, dari pihak Kesbangpol Kota Semarang diwakili oleh Sekretaris Kesbangpol Joko Hartono, SSTP, M.Si., yang saat ditemui awak media di Kantor Kesbangpol Kota Semarang, Sore tanggal 16 November 2022 mengatakan bahwa setiap orang berhak mencalonkan atau dicalonkan dalam Musyawarah Pemilihan FKSB Kota Semarang sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh panitia yaitu mendapatkan surat dukungan Tertulis minimal dari 5 ketua Ormas yang terdaftar di Kota Semarang.

Lebih lanjut, bahwa kegiatan pemilihan ketua FKSB serta diadakan verifikasi calon peserta musyawarah ini menurut Hartono juga menjadi sarana untuk pendataan ulang Ormas yang aktif di Kota Semarang yang sesuai data yg tercatat sejumlah 350 ormas.

“Adanya proses verifikasi dan pendaftaran calon peserta yang hadir di pemilihan Ketua FKSB ini sebagai sarana kami untuk mendata mana saja Ormas yang masih aktif di Kota Semarang, karena banyak sekali perubahan dengan Ormas-Ormas yang dimaksud antara lain Ormas yang tinggal namanya saja, sudah bubar, atau pengurusnya sudah tidak ada walaupun tidak ada mekanisme daftar ulang di Kesbangpol sendiri jadi sekali daftar berlaku selamanya. Kami melakukan itu ya selama ini untuk mendeteksi / monitoring mana Ormas yang aktif ataupun Ormas yang tidak aktif”, terangnya.

Dalam hal ini, Kesbangpol hanya sebagai fasilitator untuk kegiatan pemilihan ini seperti sewa gedung dan konsumsi. jadi, yang punya acara dan aturan adalah dari FKSB. Selanjutnya informasi yang awak media RI News dapatkan bahwa ternyata FKSB mempunyai akta pendirian dan tentunya mempunyai AD/ART.

Koordinator dan Juru Bicara FORKOMBES juga menegaskan jika memang FKSB ada AD/ART seperti yang dikatakan, harusnya segala sesuatu yang menyangkut tentang pemilihan ketua FKSB ini yang tertuang dalam AD/ART harus dibuka terang-terangan, biar tidak akan ada dugaan negatif yang muncul karena miss presespi dalam mekanisme pemilihan ini.

“Menurut saya jika memang FKSB itu adalah Forum Komunikasi antar Ormas artinya secara tidak langsung semua Ormas harus tau tentang apapun yang ada di FKSB atau istilahnya keterbukaan. Seperti dalam pemilihan ini harus nya diterangkan aturan AD/ART yang menyangkut dengan Pemilihan besok itu seperti apa misalnya, syarat peserta sah harus berapa persen dari total Ormas yang terdaftar di Kesbangpol, juklak, ataupun peraturan organisasi lain. Jadi nantinya enak pemilihan ini diselenggarakan terbuka dan objektif”, tegasnya.

Hernawan Tri Handoyo atau Han menyatakan siap untuk maju dalam perhelatan pemilihan ketua FKSB yang baru ini saat ditemui awak media.

“Kalau memang FORKOMBES mempercayakan kepada saya untuk saya bisa maju dalam ajang pemilihan ketua FKSB ini ya saya siap 100%, yang penting untuk kepentingan masyarakat banyak dan tentunya demi Kota Semarang Jauh Lebih Baik lagi dan Semoga dengan adanya ini bisa membuat kita semua sadar bahwa harus saling gotong royong dan saling membantu untuk kemajuan Kota tercinta Semarang ini”, ungkapnya.

Sampai saat ini sudah ada lebih dari 40 Ormas yang mendaftar sebagai peserta pemilihan Ketua FKSB ini dari 350 Ormas yang terdaftar. FORKOMBES Masih menunggu langkah atau jadwal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh calon Ketua yang diusung tersebut. FORKOMBES yang diwakili Juru bicaranya juga mempertanyakan perihal jadwal mekanisme pemilihan ini berkenaan tentang lokasi pendaftaran bakal calon yang akan maju pada pemilihan Ketua ini.

“Seharusnya kami atau seluruh Ormas semua dikasih informasi yang jelas melalui surat undangan atau surat yang dikeluarkan pengurus FKSB terkait dengan tempat pendaftaran Bakal Calon Ketua yang diajukan. Kami masih bingung karena tidak ada kejelasan lokasi didalam surat tersebut, isinya hanya jadwal dan tanggalnya. Karena kami lihat untuk pendaftaran peserta dilakukan oleh pihak Kesbangpol dan nanti apakah Pendaftaran Bakal Calon Ketua itu daftarnya juga di Kantor Kesbangpol atau di alamat Kop Surat yang di sebarkan tersebut”, jelasnya.

Pada kesempatannya dari kesbangpol dan ketua FKSB sekarang mengutarakan bahwa adanya banyaknya calon dari organisasi yang muncul ini justru menjadi bukti bahwa banyak orang yang peduli dengan kemajuan Kota Semarang. (Andi. K, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button