KODAM III/SLW-MABES TNI

Gilaa..!!! Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Hadiri Acara Bakar Batu Di Sarang OPM

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi menghadiri undangan acara tradisi bakar batu dalam rangka adat duka meninggalnya anak Kepala Suku Dani Distrik Gome Abelum Kogoya.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P., dalam release tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Minggu 6 Agustus 2023.

Acara bakar batu tersebut menjadi moment yang baik bagi Satgas Raider 300 Siliwangi karena baru bertugas sekitar satu bulan sudah mendapat kepercayaan dari Masyarakat Agiome, Distrik Gome.

“Dari pengakuan masyarakat bahwa acara bakar batu tersebut baru pertama kali antara masyarakat dengan Satgas TNI di Gome. Wilayah tersebut adalah sarang Organisasi Papua Merdeka (OPM) Pimpinan Kalenak Murib”, jelas Dansatgas.

Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua dikenal sebagai wilayah yang rawan karena berada di daerah yang dikuasai dan dipengaruhi OPM. Ketegangan dan ketidakpastian keamanan kerap menyelimuti daerah ini.

“Dalam menghadiri undangan, menjadi diskusi dilematis bagi Satgas Raider 300 Siliwangi. Namun kami beserta jajaran dengan niat yang tulus dan penuh keberanian tetap menghadiri acara tersebut sebagai bentuk belasungkawa dan mempererat hubungan dengan masyarakat serta mengenal budaya setempat”, ucap Dansatgas.

Menghadiri acara bakar batu di Distrik Gome tersebut tidak luput dari kesiapan Satgas 300 serta Keyakinan yang diberikan oleh Pangdam III/Slw dan Danrem 173/PVB sebagai Dankolakops 173/PVB yang selalu memberikan arahan agar selalu siap dalam menghadapi segala resiko.

“Berawal dari keyakinan tersebut, saya beserta jajaran memutuskan untuk tetap hadir dalam acara bakar batu dengan pertimbangan keamanan yang sudah direncanakan dengan baik, karena menghadiri acara tersebut merupakan panggilan kemanusiaan untuk turut berbela sungkawa terhadap masyarakat yang berduka”, tutur Dansatgas.

Acara bakar batu berlangsung meriah dan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi turut serta memberikan kontribusi dengan membantu berbagai bahan makanan seperti ayam, beras, peralatan masak, kopi dan beberapa barang kebutuhan lainnya.

Tidak lupa diadakan juga pelayanan kesehatan gratis dan menyanyikan lagu-lagu rohani yang diiringi gitaris dari Personel Satgas 300 untuk menghibur Masyarakat. Partisipasi Satgas 300 Siliwangi dalam acara adat ini menunjukkan sikap hormat, saling menghargai, kepedulian, dan niat baik Satgas untuk berbaur dan mendukung tradisi yang dijalankan oleh masyarakat setempat.

Acara tersebut memberikan ruang bagi Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi untuk lebih dekat dengan masyarakat, memahami budaya setempat, serta memperkuat sinergi dan kerjasama yang saling menguntungkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah.

Letkol Inf Afri Swandi Ritonga menyampaikan bahwa TNI selalu siap membantu masyarakat dan berkomitmen menciptakan situasi yang Kondusif di Gome.

“Dalam acara Bakar Batu tersebut makna yang didapatkan adalah Jiwa Gotong Royong, pembagian tugas yang jelas dalam setiap kegiatan, Rasa Hormat terhadap yang tua dan sayang terhadap yang muda dan kebersamaan yang hakiki diantara sesama masyarakat”, pungkas Letkol Afri Swandi. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button