PARIWISATA

Bupati Nias Barat Gelar Rakor Persiapan event Festival Pesona Aekhula

NIAS BARAT,  SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara gelar rapat koordinasi (Rakor), bertempat, di Aula Soguna Ba Zato, Rakor yang dipimpin oleh Bupati Nias Barat Khenoki tersebut bertujuan untuk membicarakan persiapan pelaksanaan Event Festival Pesona Aekhula (FPA) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juni 2022 mendatang. Senin (25/4/2022).
Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, dalam arahannya mengatakan bahwa, kesuksesan pelaksanaan event terletak pada semangat gotong royong dan kerjasama kita bersama.
Keberhasilan ini adalah keberhasilan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat. Mari kita menjadi teladan bagi Kabupaten/Kota yang lain yang masih belum menyelenggarakan event seperti ini,Tetap semangat walaupun Covid-19 masih ada, namun jangan menjadi penghalang untuk terus berkreativitas, berkolaborasi dan saling bersinergi,”ujar Bupati Nias Barat.
Ditambahkannya bahwa  penyelenggaraan Festival Pesona Aekhula Tahun 2022 berpedoman pada falsafah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, beliau mengajak masyarakat mengambil bagian bahkan menjadi pelaku utama yang memeriahkan festival tersebut.
“Event ini merupakan pesta budaya rakyat Kabupaten Nias Barat. Dimana pada acara puncak nanti akan ada atraksi pemukulan 105 gendang (gendra) dan 8 gong (aramba) yang memiliki makna bahwa angka 105 mewakili 105 desa di Kabupaten Nias Barat dan angka 8 menandai 8 kecamatan di Kabupaten Nias Barat yang menandai kebersamaan dan gotong royong segenap lapisan masyarakat.” Jelas Khenoki.
Untuk diketahui bahwa Event Festival Pesona Aekhula telah masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022, yang berhasil masuk di jajaran elit kalender event nasional. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button