MEDIA

Kopdar Dan Konsolidasi PWOIN Pekalongan Raya

KOTA PEKALONGAN-JATENG || suaraindependentnews.id – Keselarasan dan keseimbangan dalam tata kelola manajemen maupun aturan yang telah menjadi pedoman dalam AD/ART pada wadah organisasi profesi PWOIN (Perkumpulan Wartawan OnLine Independen) Pekalongan Raya, melaksanakan Rapat konsolidasi dan koordinasi pasca pelantikan pengurus baru untuk periode 2023-2026.

Kegiatan yang terselenggara secara sederhana di Resto & Cafe Sego Kucing Jogja Jl. Tentara Pelajar No.55, Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu 3 Desember 2023.

Kegiatan yang di hadiri oleh Ketua DPW PWOIN Jawa Tengah Hadi Sulistyono, Sekjen Edy Setiono, S E, Ketua DPC PWOIN Pekalongan Raya Iman Surono, Sekertaris Ivan Dedy, S.Kom, Bendahara Agus Budi beserta jajaran pengurus lainya, bagian Divisi Hukum Bayu Agung Pribadi SKM. SH. MH., Yusub Ahmad, SHI.,MH., Pemerhati media Agus Riyanto dan segenap keluarga PWOIN Pekalongan Raya.

Melalui proses yang panjang organisasi PWOIN ini tumbuh dan berkembang di Jawa Tengah terutama di Pekalongan Raya, dari 35 kota dan Kabupaten di Jawa Tengah yang sudah terbentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC), meskipun keaktifan masing masing wilayah sering pasang surut akan tetapi masih tetap berkoordinasi dengan pimpinan wilayah maupun pusat.

Dalam agenda rapat konsolidasi beberapa materi pendukung sebagai pemantapan kepada pengurus dan anggota baru yang hampir beberapa saat fakum dan telah dilaksanakan Restrukturisasi, Iman Surono selaku Ketua sekaligus memimpin rapat menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kelengkapan organisasi dan agenda anjang sana ke Forkompinda Kota dan Kabupaten Pekalongan serta penjelasan tentang fungsi tugas masing masing divisi agar kedepannya tidak tumpang tindih.

“Untuk persiapan waktu dekat ini, kita akan silaturahmi ke beberapa Dinas atau Institusi guna menjalin kemitraan dan kerja sama, tentunya kelengkapan semua harus kita siapkan sejak sekarang, terlebih fungsi para pengurus yang ada dalam struktural supaya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya”, kata Iman.

Lanjut Ia, saat ini kita masih merintis dan perlu kerjasama yang baik dari semua divisi agar kedepannya wadah ini bisa diterima secara luas dan manfaat baik secara individu, masyarakat, serta pemerintah.

“Mari bersama untuk memahami dan saling mengerti satu sama lain dan belajar mengejo wantah setiap persoalan yang ada, dalam ruang musyawarah dan diskusi, untuk mendapatkan solusi serta memberikan sajian yang terbaik dalam karya kita sebagai seorang jurnalis”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang diberikan, Ketua DPW Hadi Sulistyono memaparkan keberadaan PWOIN secara umum, bahwa wadah organisasi profesi kita ini sudah dikenal dan memiliki aturan yang melekat sebagai jurnalis atau wartawan yang ada di dalam nya.

“Melalui tahapan yang melelahkan saat PWOIN harus kokoh berada di Jawa Tengah hingga saat ini, dari tongkat komando saudara Rahmat Dakwah hingga ke diri nya saat ini, penerima mandat sebagai ketua DPW resmi saya pegang 18 Pebruari 2022 melalui Musdalub karena pergolakan waktu itu sangat hebat, maka dari itu pengurus yang ada di wilayah cabang mesti harus serius dalam melaksanakan tugas organisasi agar dapat maju dan berkembang sesuai kearifan lokal terutama para wartawan yang ada baik pengurus dan anggota harus mengerti dan memahami tata cara kejurnalistikan”, ujar Hadi.

Ditambahkan untuk lebih meningkatkan kwalitas dan kwantitas personal dalam melaksanakan tugas sebagai jurnalis perlu sekali di adakan Diklat atau Study Banding melalui kerjasama dengan Kominfo atau lembaga Pemerintah atau pun Swasta yang mengelola informasi dan publikasi.

“Peningkatan SDM setiap insan media sangat perlu sekali terutama dalam pengelolaan kata, tulisan, paragraf dalam penyajian berita, tentunya melalui fakta tidak hanya informasi sepihak, dan perlu penguatan diri dalam segala kegiatan, menjaga kekompakan, kesolidan serta mengendapkan musyawarah untuk menyelesaikan sebuah masalah”, tutur Hadi

Suasana rapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan baik, masing-masing yang hadir menyampaikan saran pendapat berbeda-beda sehingga bisa menambah semangat untuk PWOIN kedepannya lebih mapan dan profesional untuk mengemban tugas dan fungsi sebagai seorang jurnalis. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button