Tak Berkategori

Meriahkan Tahun Baru Islam 1442H/2020M, PHBI Dan Pemkab Solok Adakan Lomba

Bupati Solok H. Gusmal

Selasa, 18 Agustus 2020

Kab. Solok–suaraindependent.id– Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1442H/2020M, PHBI Kab. Solok jalin kerjasama dengan Pemkab Solok dalam mengadakan lomba khutbah Jum’at antar SMP SUBP, bertempat di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Centre Kabupaten Solok Lantai I, Selasa (18/8).

Hadir Bupati Solok H. Gusmal, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, Forkopimcam Kubung, Kepala Kantor Urusan Agama Se- Kab. Solok, Kepala Sekolah SUBP/ Pendamping

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat berlomba kepada anak- anak perwakilan Siswa SMP SUBP Se- Kab. Solok  pada lomba Khutbah Jumat yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H.

Dijelaskan, dalam kehidupan masyarakat modern, umat Islam dituntut untuk menerapkan makna hijrah dalam konteks perjuangannya. Hakikat Hijrah adalah selalu berada dijalan yang benar, selalu berubah ke arah yang lebih baik, terutama dalam menjalankan ibadah, peningkatan Iman dan Taqwa dalam menjalani kehidupan sehari –hari.

Mari kita jadikan momentum peringatan tahun ini sebagai sarana introspeksi diri, menuju taat kepada sang khaliq melalui peningkatan iman, dan aqidah

Generasi muda perlu diingatkan untuk mensyiarkan Islam, karena tantangan umat Islam semakin berat, pengaruh negatif melalui teknologi, media sosial, narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas yang marak di tengah-tengah masyarakat. Kesemuanya itu memerlukan komitmen kita semua dalam mewujudkan masyarakat Kab. Solok yang madani, relegius dan berakhlak mulia.

Pemkab Solok telah menyelenggarakan Sekolah Umum Berbasis Pesantren, dan sudah ada regulasinya yakni Peraturan Bupati Solok Nomor 3 Tahun 2018. Sekolah Berbasis Pesantren SUBP

Penyelenggaraan Sekolah Umum Berbasis Pesantren tersebut dalam rangka mewujudkan Kab. Solok yang maju dan mandiri menuju kehidupan masyarakat madani di bidang pendidikan.

Melalui lomba ini juga sebagai bahan evaluasi sejauh mana progress dan capaian dari program SUBP di Kab. Solok, disamping itu dengan lomba ini kita berharap akan lahir bibit, khusus di cabang Khutbah Jum`at yang akan mengikuti seleksi Calon Kafilah Kab. Solok dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar tahun 2021 mendatang, papar Gusmal.

Kabag Kesra sebagai panitia melaporkan, lomba ini diadakan bertujuan untuk mengevaluasi program kegiatan SMP SUBP dan mencari bibit khusus cabang khutbah Jum`at, sementara peserta berasal dari SMP SUBP Se Kab. Solok berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 17 orang khatib, 17 orang muadzin, terangnya. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button