KODAM III/SLW-MABES TNI

Pangdam III/Slw Mayjend TNI Erwin Djatniko ; Saya Bangga Dengan Keberhasilan Satgas Yonarhanud 3/YBY

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Dwi Erwin Djatniko mengunjungi Yonarhanud 3/YBY yang telah selesai melaksanakan tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Maluku Utara selama satu tahun, Senin 16 Oktober 2023.

Kehadiran Pangdam III/Slw beserta rombongan guna melihat secara langsung kondisi moril satuan pasca purna tugas. Pada kesempatan itu, Pangdam III/Slw juga memberikan pengarahan kepada 843 orang anggota termasuk Ibu-ibu Persit Yonarhanud 3/YBY.

Mayjen TNI Erwin Djatniko dalam arahannya kepada para prajurit menekankan agar selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Mengingat, semua keberhasilan yang diraih di tempat penugasan hanya atas kehendak-Nya.

“Saya sangat bangga terhadap Batalyon Arhanud 3/YBY yang mendapat apresiasi dari Panglima TNI, karena kiprahnya selama di tempat penugasan sangat luar biasa”, ucap Pangdam.

Keberhasilan yang diperoleh satuan tentunya tidak terlepas dari jerih payah para isteri prajurit yang selalu setia mendampingi dan mendoakan semuanya selama tugas operasi. Sehingga, keberhasilan satuan dalam tugas merupakan buah kerja keras secara kolegial.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga menjelaskan tentang tahapan pemilu 2024 yang saat ini telah berjalan. Dimana, TNI dituntut perannya secara maksimal dalam menjaga kondusivitas wilayah dan siap untuk membantu tugas pengamanan.

“Saya tekankan kepada prajurit tentang komitmen netralitas TNI AD yang harus ditunjukkan dengan tidak memihak atau memberikan dukungan kepada partai politik maupun pasangan calon, serta tidak memberikan arahan kepada keluarganya terkait pemilihan umum”, tutur Pangdam.

Pangdam III/Slw juga memberikan penghargaan kepada 13 orang prajurit yang berhasil dalam tugas Pamrahwan Maluku Utara, yaitu Letkol Arh Achmad Yani S.E., M.Han, Kapten Arh Sumardiono, Lettu Arh Dwi Iswantor, Lettu Arh I Gusti Putu Andhi Kartika, S.T.Han, Letda Ckm Emanuel Pratita Kharisma Sakta, Sertu Faisal Tri Sasongko, Sertu Moh. Solehoddin, Sertu Zainal Arifin, Kopda Dwi Agung, Kopda M. Dahroni, Praka Suriadi, Pratu Agus Jems Maanana dan Pratu Aidil.

Sementara itu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw juga memberikan cindera mata kepada Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVI. Sedangkan Danyonarhanud 3/YBY menyerahkan buku kenangan Satgas kepada Pangdam III/Slw.

Perlu diketahui, Yonarhanud 3/YBY selama bertugas Pamrahwan di Maluku Utara memperoleh banyak keberhasilan, diantaranya dalam mendorong pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat desa melalui pengolahan kolang kaling di Samuli, kerajinan batok kelapa dan makanan olahan nuget ikan di Kecamatan Lede sehingga mendapatkan penghargaan dari Bupati Halmahera Utara.

Disamping itu juga melakukan rehab terhadap 9 unit rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi layak huni di kecamatan Lelilef serta rehab TPQ Al Badru di Tobelo dan Mushola Umar Bin Khatab di Gosoma.

Sedangkan pembinaan teritorial juga dijalankan dengan baik, melalui program Air Nusantara dengan memberikan bantuan alat penyuling air untuk masyarakat agar mendapatkan air layak konsumsi secara gratis. Selain itu juga dilakukan pembangunan jembatan penghubung antara Desa Kalebu dengan Desa Galebo.

Dalam bidang pertanian, Satgas melakukan pendampingan dengan memberikan pupuk organik Bios-44 DC. Termasuk mengembangkan alat penghemat BBM De Four Up Seluruh program yang dilakukan sebagai wujud kepedulian yang tinggi Satgas dalam membantu kesulitan masyarakat.

Dari hasil pendekatan terhadap masyarakat, personel Satgas banyak menerima penyerahan senjata, munisi dan bahan peledak secara sukarela dari masyarakat. Sebanyak 124 pucuk senjata telah diterima Satgas, dengan rincian senjata rakitan 114 pucuk, senjata organik/standar 10 pucuk, munisi campuran 588 butir serta bahan peledak 33 buah yang terdiri dari granat 26 buah, ranjau 7 buah dan 1 buah magazen. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button