KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Pasi Bakti TNI Korem 062/Tn Hadiri Giat Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh Jajaran TNI Di Wilayah Kabupaten Garut

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., yang diwakili Pasi Bakti TNI Siter Korem 062/Tn Mayor Inf Nazwir menghadiri kegiatan puncak penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI diwilayah teritorial Kodim 0611/Garut bertempat di Pantai Karang Paranje Kampung Pasirsari Desa Karyasari Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, Senin 15 Mei 2023.

Kegiatan diawali pengobatan massal kepada masyarakat dan melaksanakan karya bakti di Mesjid Jami Al-iklas di Kampung Pasirsari Desa Karyasari Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.

Dilanjutkan kegiatan penanaman Mangrove diikuti ± 150 org bertempat dilokasi di Pantai Karang Paranje.

Kegiatan penanaman Mangrove Nasional secara serentak oleh jajaran TNI diseluruh wilayah pesisir Indonesia yang dipusatkan di Taman Wisata Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, diikuti seluruh Satuan Jajaran TNI dan dibuka oleh Presiden RI Ir H. Joko Widodo dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kasad, Kasau dan Kasal serta seluruh PJU TNI dan Polri.

Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan dan mencegah abrasi laut serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir.

Disela-sela penanaman mangrove, Pasi Bakti TNI Siter Korem 062/Tn mengatakan kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada diwilayah pesisir. Masyarakat harus terlibat secara langsung dalam upaya mengurangi resiko bencana tsunami yang salah satunya adalah penanaman mangrove di sekitar pesisir pantai.

Usai penanaman pohon mangrove, dilanjutkan kegiatan vikon dengan Presiden RI menyampaikan setelah pohon mangrove ini ditanam, tentunya kegiatan lanjutan adalah merawat. Sehingga dapat tumbuh dan hidup jangan sampai habis ditanam mati. Karena tidak dipelihara supaya hewan-hewan seperti Kepiting, Ikan, Biawak, Monyet yang dulu hidup disekitar pantai dapat bisa hidup dan berkembang dikemudian hari bila mangrove yang kita tanam hari ini bisa tumbuh besar.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Garut diwakili Sekda H.Nurdin Yana, Dandim 0611/Grt diwakilkan Kasdim Mayor Inf Kurniadi, Kapolres Garut diwakilkan Kabaglog Kompol Herwansah, Kejaksaan Negeri Garut Dadan, SH., Kasibakti TNI AU Mayor Sus Esti Wulan, Pasiter Kodim 0611/Garut Kapten Kav Toto,
Danramil Pamengpek Lettu Inf Sumalik, Kapolsek Pamengpek AKP Dindin, Kapolairud AKP Nana.S, Kalak BPPD Garut Drs. Setia Budi (Penrem 062/Tn, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button