PENDIDIKAN

Pemkab Solok Peringati HGN Dan Hut PGRI Ke-76

Kamis, 25 November 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id— Hari Guru Nasional (HGN) dan Hut PGRI ke-76 diperingati oleh Pemkab Solok bersama guru guru se Kabupaten Solok. Bertempat di Gedung Solok Nan Indah, Kamis (25/11) peringatan HGN dan Hut PGRI dilaksanakan secara Vidcon. Sementara para guru se Kab Solok melakukan Vidcon di sekolahnya masing masing.

Hadiri dalam vidcon tersebut Bupati Solok H.Epyardi Asda,M.Mar, Pengurus PGRI Sumbar Drs.Delvian,MM, Kepala Kantor Cabang Wilayah III Prov. Sumbar Israr A, S.Pd, Plt Kadis Disdikpora Kab Solok Zainal Jusmar,S.Pd,M.M, Kemenag diwakili kepada Bidang pendidikan madrasah Drs.Syamsul Bahri,M.Pd, Wakil Ketua PGRI Kab Solok Drs.Refinal Zoni, M.M, Pengurus Cabang PGRI Se-Kabupaten Solok.

Ketua panitia Pelaksana Firdaus, S.Pd,MM mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah hadir dalam kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 dan Hut PGRI Ke 76 di Pemkab Solok .

Kegiatan peringatan HGN kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, kalau dulu kita mengikuti upacara secara bersama-sama namun kali ini kita tidak bisa melakukanya di karenakan covid 19.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan semua pihak termasuk pengurus cabang di Kecamatan dan Kabupaten, dan juga kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen kita dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Solok

Selain itu, kita juga akan melaunching buku karya penggiat literasi yang tergabung dalam Kabupaten Solok menulis (KSM), kami berharap masukan dari Bupati untuk kegiatan pendidikan kita di Kabupaten kedepan.

Wakil Ketua PGRI Kab Solok Drs.Refinal Zoni menjelaskan, PGRI ini lahir pada tanggal 25 November 1945 setelah 100 hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai penghormatan pada guru Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1964, menetapkan tanggal 25 November sebagai hari  HGN dan selalu diperingati setiap tahunnya.

PGRI sebagai mitra strategis pemerintah berjuang secara konsisten dalam meningkatkan mutu pendidikan, peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun. PGRI berkomitmen memperjuangkan nasib para guru honor agar diberikan kesempatan menjadi ASN.

Diusia yang ke 76 tahun ini, PGRI telah banyak berbuat untuk dunia pendidikan di Kabupaten Solok, salah satunya melatih para guru menulis buku, dimana sampai hari ini mereka sudah melahirkan 350 judul buku. Kepada Bupati, kami berharap dukungan, dorongan dan motivasi kepada para guru pengarang buku supaya lebih banyak lagi melahirkan judul judul buku dimasa yang akan datang.

Bupati Solok H.Epyardi Asda dalam sambutanya mengatakan, hari ini saya merasa bangga hadir ditengah tengah para guru dalam rangka memperingati HGN dan Hut PGRI ke 76.

Saya berdiri disini berkat jasa para guru2 yang  telah mendidik saya selama ini. Hari guru adalah hari yang sangat bermakna bagi seluruh insan manusia, tanpa guru kita tidak akan jadi apa apa. Jasa para guru tidak bisa kita balas, karena guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, hanya allah yang bisa membalasnya.

Kab Solok menurut data statistik sangat terpuruk disegala lini, untuk itu tugas kita untuk memperbaiki semua itu. Pendidikan adalah kebutuhan dasar dari semuanya, kalau pendidikannya bagus, Kabupaten Solok ini juga akan bagus, dan cita cita saya menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat akan terwujud.

Lahirnya Sumber daya manusia yang membawa perubahan untuk Kab Solok kedepan sebagai generasi penerus bangsa. Kedepan saya akan memperhatikan guru guru Kab Solok yang berprestasi termasuk mencarikan solusi untuk guru honor sesuai dengan undang undang, terang Bupati. ([email protected])

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button