POLRESTA BANDUNG - POLDA JABAR

Pengamanan Unras Ormas Bamuswari Di Cicalengka, Kombes Pol Kusworo Wibowo ; Alhamdulillah Berjalan Aman Dan Tertib

BANDUNG-JABAR || suaraindependentnews.id – Puluhan personil gabungan TNI-POLRI lakukan pengamanan unjuk rasa ormas Balai Musyawarah Indonesia (Bamuswari) di PT. Tirta Fresindo Jaya Mayora Group Cicalengka, Senin 15 Januari 2024.

Pengamanan aksi damai unjuk rasa dipimpin langsung Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo dan didampingi Kabag Ops Polresta Bandung, Kompol Sungkowo.

Dalam pengamanan tersebut, Kapolresta Bandung Kusworo Wibowo menyampaikan himbauan kepada para peserta unjuk rasa.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1928 tentang penyampaian pendapat dimuka umum, itu dilindungi oleh undang-undang”, kata Kusworo.

“Sehingga para peserta unjuk rasa bisa datang kesini dalam kondisi dikawal, supaya mereka tidak ada yang kecelakaan dan lain sebagainya”, tuturnya.

Ia menjelaskan tugas kepolisian dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 adalah yang pertama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Lalu, berkaitan dengan undang-undang tentang memberikan pendapat dimuka umum, ada tiga tempat yang menjadi target pengamanan kepolisian.

“Pertama adalah objek unjuk rasa atau objek yang tertuju nya penyampaian pendapat dimuka umum, makanya kami harus amankan Mayora”, ujarnya.

“Yang kedua, kami harus amankan peserta pengunjuk rasa, peserta yang melakukan penyampaian pendapat dimuka umum”, jelasnya.

“Ketiga, kami juga harus bisa memberikan rasa aman kepada warga masyarakat disekitar sini”, tegasnya.

Kusworo menegaskan kepada para peserta unjuk rasa, jangan sampai ada oknum yang melakukan pelanggaran hukum.

“Alhamdulilah, aksi unjuk rasa tadi berjalan dengan aman dan tertib”, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button