KODAM III/SLW-MABES TNI

Peringati Hari Baden Powell Ke 166, Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG Berikan Pembinaan Pramuka

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Baden Powell ke- 166 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 22 Februari, Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG Pos Gabma Long Midang memberikan pembinaan Pramuka kepada siswa/siswi SD dan SMP yang berada di perbatasan RI-Malaysia, bertempat di halaman SD Negeri 002 Krayan Long Midang Kec. Krayan Induk Kab. Nunukan.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG Letkol Arm Yan Octa Rombenanta, S.Sos., kepada awak media melalui saluran telepon seluler, Jum’at, 24 Februari 2023.

Dansatgas mengatakan kegiatan pembinaan Pramuka kepada siswa/siswi di perbatasan ini sangat penting dalam upaya membentuk mental, kepribadian, kedisiplinan dan rasa cinta Tanah Air terhadap Bangsa yang kita cintai bersama yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bertepatan dengan momentum peringatan ke-166 Hari Bapak Pandu sedunia atau hari Baden Powell tahun ini, kami Satgas Pamtas khususnya Pos Gabma Long Midang berupaya membina para generasi muda melalui kegiatan Pramuka untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri anak sekolah dengan membentuk kepribadian, kedisiplinan dan rasa cinta Tanah Air”, terang Dansatgas.

Di tempat terpisah Serma Januar Afandi Danpos Gabma Long Midang menyampaikan, pembinaan pramuka berupa latihan keterampilan dan ketangkasan yang sangat berguna untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki, baik dalam hubungan kelompok maupun perorangan.

“Diharapkan para peserta Pramuka memiliki sikap dan disiplin yang baik, sehingga nantinya dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari”, harap Danpos.

Kegiatan Pramuka ini digelar dari pagi dimulai dengan pelaksanaan senam SKJ 88 dilanjutkan pemberian materi sejarah Kepanduan dan materi keterampilan perorangan serta kelompok dan diakhiri dengan kegiatan outbond ketangkasan guna merefresh dan mengasah ketangkasan para peserta Pramuka.

Sementara itu Sarau Tilo, S.Pd (40) selaku pengawas dari Dinas Pendidikan UPTD Krayan memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada anggota Pos Gabma Long Midang yang telah menggelar kegiatan Pramuka, karena momen ini merupakan kegiatan yang sangat membantu pihak sekolah dalam mendidik para siswa/siswi untuk senantiasa disiplin dalam pelaksanaan KBM di sekolah.

“Kami selaku pengawas dari Dinas Pendidikan UPTD Krayan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada anggota Pos Gabma Long Midang yang terlibat kegiatan Pramuka ini, semoga ilmu yang diberikan kepada para peserta dapat bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat”, tuturnya. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button