MABES POLRI

Kapolri Sebut Ada 6 Variabel Indeks Potensi Kerawanan Pemilu-Pilkada 2024

MABES POLRI, suaraindependentnews.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut ada enam dimensi indeks potensi kerawanan Pemilu dan Pilkada 2024.
Hal itu, Ia sampaikan dalam Rapim Polri-TNI 2023 pada Rabu, 8 Februari 2023.

Keenam indeks itu, kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, memiliki variabel yang berbeda dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yaitu aspek kamtibmas penyelenggaran pemilu.

“Yaitu disiplin prokes (protokol kesehatan), partisipasi masyarakat, penyelenggara, potensi gangguan, kontestan, dan ambang gangguan”, ujar Kapolri.

Selain itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit juga memaparkan adanya dua provinsi dan dua kabupaten yang sangat rawan, serta tiga provinsi dan 14 kabupaten/kota yang rawan.

Untuk provinsi sangat rawan adalah Papua Barat dan Papua. Sementara kabupaten sangat rawan adalah Kepulauan Seribu dan Mimika. Lalu, untuk provinsi rawan ada Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

“Sedangkan 14 kabupaten/kota yang rawan itu adalah Lhoksumawe, Sabulussalam, Pangkal Pinang, Tangsel, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tasikmalaya, Pontianak, Kotamobagu, Palopo, Bima, Ternate, Tidore Kep, dan Jayapura”, ujar Kapolri.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit pun mengajak seluruh stakeholder bergerak bersama, dari pusat hingga daerah, untuk menghadapi gejolak yang dapat mengganggu kestabilan nasional. (Humas, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button