Tak Berkategori

STID Al Biruni Cirebon Dapat Kunjungan Asisten Deputi Bid.Keuangan Inklusif Dan Keuangan Syari’ah Kemenko Ekuin RI

Cirebon, suaraindependentnews_id.
Suatu kehormatan bagi STID Al Biruni Cirebon, pasalnya, STID Al Biruni Cirebon kedatangan tamu penting, yakni Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syari’ah Kemenko Ekuin RI, Dr.H.Erdiyio, pada Minggu, 31/10/2021.

Dalam kunjungannya yang bernuansa kekeluargaan, Dr.H.Erdiyio menjelaskan bahwa pemerintah telah membantuk akses pembiayaan untuk para santri untuk menyelenggarakan usaha produktif yaitu berupa wiralaba dimana para santri dapat menggunakannya dalam rangka memenuhi kebutuhannya serta membiayai usaha produktif.

Dr H Erdiyio juga mendorong pondok pesantren agar dapat bekerjasama dengan BJB untuk mendirikan usahanya, sehingga nantinya dapat bersama-sama memberdayakan masyarakat di sekitar pesantren.

Pada kesempatan itu, Dr H Erdiyio juga menjelaskan beberapa program dari Pemerintah melalui Kemenko Ekuin. Dalam hal ini, bahwa pemerintah terus mendukung pengembangan potensi santripreneur yang berbasis usaha kecil menengah (UKM) dan juga koperasi yang berbasis wiralaba atau perkebunan dan pertanian.

“Kami juga meningkatkan kapasitas dan peranan dari Ponpes serta para santri melalui investasi di bidang Pendidikan,” lanjutnya. Beliau juga menjelaskan bahwa pemerintah melalui program Kemenko Ekuin, khusus untuk santri, untuk tahun ini telah memprogramkan beasiswa sebanyak 100 santri.

KH Uki Marzuki selaku Ketua Yayasan STID Al Biruni Cirebon sangat berterima kasih atas kunjungan dan penawaran program yabg sangat bagus daru Kemenko Ekuin tersebut untuk kalangan Pondok Pesantren dan para santri dari Kemenko Ekuin RI.

Ditempat yang sama, Kyai Kholik juga mengapresiasi program untuk Pesantren berbasis ekonomi.

Sebagai penutup, Dr H Erdiyio memaparkan, ketika memang program ini sudah berjalan, fihaknya akan membantu untuk meng-link-kannya dengan BJB tanpa bunga. Dan kalau bisa, tambah Dr H Erdiyio bukan saja wiralaba, melainkan bisa buka agen BJB, POS dan jasa lainnya.

Dr H Erdiyio menegaskan bahwa kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat terutama santri dan pesantren sangat penting di dalam mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat yang berbasis pondok pesantren, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang memang banyak memberikan dampak negatif pada kondisi sosial ekonomi. Kemenko Ekuin sangat berharap para santri dan pesantren akan menjadi sumber inspirasi bagi kebanhgkitan perekonomian sekala nasional.

“Saya menaruh harapan besar kepada para santri dan pesantren di seluruh Indonesia, khususnya kepada STID Al Biruni Cirebon dan Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, pungkasnya (Kabiro/Asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button