POLRI

21 Bintara Remaja Polres Semarang Ikuti Tradisi Pembaretan

SEMARANG-JATENG || suaraindependentnews.id – Menjadi bagian keluarga besar Polres Semarang dan di posisikan menjadi Personel Sat Samapta Polres Semarang, sebanyak 21 Personel Bintara Remaja angkatan 49 dan 50 melaksanakan tradisi Pembaretan.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis pagi 7 Maret 2024, dengan mengambil Start halaman Mapolsek Bawen. Wakapolres Semarang Kompol Fandy Setiawan SH. SIK. MH., mewakili Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., membuka jalannya kegiatan pembaretan.

Wakapolres dalam sambutan sebelum melepas 21 Bintara remaja, melaksanakan rangkaian pembaretan menyampaikan atensi Kapolres Semarang perihal, diantaranya untuk memberikan pengawasan terhadap Bintara baru selama kegiatan berlangsung.

“Kepada para perwira maupun senior yang tergabung dalam tim kegiatan, dilarang keras untuk melakukan kontak fisik kepada para Bintara baru. Silahkan bentuk mental maupun jiwa Bhayangkara muda ke dalam tubuh para Bintara baru, namun tidak ada kontak fisik bahkan kekerasan kepada junior Bintara baru. Serta tumbuhkan jiwa korsa dan hirarki yang humanis kepada para Bintara baru”, jelasnya.

Setelah bendera Start dikibarkan sekira pukul 07.45 WIB, para Bintara baru dengan didampingi Instruktur dan sejumlah personel Sat Samapta melakukan kegiatan lintas medan. Dengan mengambil jalur Polsek Bawen melalui Desa. Kandangan Kecamatan. Bawen hingga tembus wilayah Desa. Jatirunggo Kecamatan. Pringapus menuju ke Desa. Kalongan Kecamatan. Ungaran Timur dan Finis di Mako polres Semarang.

Kasat Samapta Polres Semarang AKP Sakti Hermawan SH., yang ikut selama kegiatan menyampaikan, selama kegiatan para Bintara remaja diberikan pelatihan beladiri, bongkar senjata, penyergapan dan berlindung ketika dihadapkan pada kelompok kriminal bersenjata.

“Semala perjalanan lintas medan, selain membentuk fisik yang kuat juga kami isi dengan kegiatan beladiri Polri, pengenalan dan bongkar senjata, penyergapan kelompok kriminal, serta berlindung ketida menghadapi kelompok kriminal bersenjata. Kegiatan ini kami lakukan selama singgah diantara di halaman Balaidesa Kandangan maupun hutan yang ditemui selama perjalanan. Tujuannya agar para personel Bintara remaja ini dapat mengetahui, tindakan dan langkah apa yang harus diperbuat, serta menambah ilmu pengetahuan tentang tugas seorang anggota Polri”, tambahnya.

Sekira pukul 16.30 WIB, para Bintara remaja memasuki halaman Mapolres Semarang dan diterima langsung oleh Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., dilanjutkan tradisi penyiraman air bunga dan pemasangan baret kepada para Bintara remaja.

“Saya atas nama kesatuan dan pribadi mengucapkan selamat atas dilaluinya kegiatan pembaretan ini, dengan jumlah 21 Personel berangkat lengkap dan selesai masuk Mapolres Semarang juga lengkap. Saya tekankan bahwa dengan kegiatan ini dapat menanamkan jiwa Bhayangkara pada Bintara remaja Polres Semarang, serta junjung selalu hirarki, sikap cengeng dan tanamkan selalu Humanis kepada sesama Personel dan juga Masyarakat. Sehingga dapat menjadi Bintara remaja, Bhayangkara Polres Semarang yang di Andalkan”, pesan AKBP Oka dalam amanatnya.

Pewarta : Andi.K

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button