POLRES GARUT-POLDA JABAR

Akibat Buang Puntung Rokok Sembarangan, Satu Hektar Lahan Bambu Ludes Terbakar

GARUT-JABAR || suaraindependentnews.id – Lahan kosong/kebun bambu di Kampung Cirendang Desa Lebak Agung Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut mengalami kebakaran kebakaran cukup besar, Kamis 21 Desember 2023.

Kebakaran terjadi pada sekira pukul 13.30 WIB, Kapolsek Karangpawitan menyebutkan jika awal mula api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan warga dekat kebun bambu, dikarenakan banyaknya daun bambu yang kering dan angin kencang, api pun dengan cepat menyebar ke kebun bambu hingga membesar.

Polsek Karangpawitan Polres Garut bersama Damkar Kabupaten Garut dan warga sekitar bergotong royong berupaya memadamkan api hingga akhirnya pada sekira pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan. Lalu anggota Polsek Karangpawitan bersama warga melakukan pendinginan menggunakan daun yang lembab dan pasir.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut namun lahan kebun bambu milik Alm. Jumro warga Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut seluas 10.000 m2 (1 hektar) hangus terbakar oleh si jago merah, pemilik lahan ditaksir mengalami kerugian materil sekitar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah).

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Karangpawitan Polres Garut AKP Nurdin Jaelani menghimbau warga agar tidak membuang puntung rokok, ataupun membakar sampah di lahan terbuka karena dapat menimbulkan potensi kebakaran yang dapat merugikan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button