PENDIDIKAN

Berbenah Mengejar Mutu Dan Kwalitas Pendidikan

Plt.Kadis Pendidikan Kabupaten Nias  Menerapkan Disiplin Di Sekolah

NIAS, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Usaha meningkatkan mutu pendidikan saat ini di Kabupaten Nias  sudah mulai membaik dan disiplin dari sebelumnya, sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana pendidikan  mempunyai peranan penting dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan ketrampilan, ucap Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Faozanolo Zai,S.Pd saat di sambangi oleh awak media diruang kerjanya. Senin (25/04/2022).
“Ia menyampaikan dalam melaksanakan tugas dan meningkatkan mutu pendidikan maka diutamakan penerapan di siplin di sekolah agar diterapkan dimulai dari diri kita sendiri baik guru-guru SD dan guru-guru SMP selalu semangat dan hadir tepat waktu di sekolah”.
Di tangan gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar disekolah. Oleh karena itu tugas dan peran guru bukan saja mendidik, mengajar dan melatih  tetapi juga bagaimana guru dapat membaca situasi kelas dan kondisi siswanya dalam menerima pelajaran.
“Sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Nias dengan berkomitmen untuk kerja Fokus, dengan Visi  Kabupaten Nias Maju dan Misi Trisakti Nias Maju  diantaranya: Kesehatan, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia  beranjak, untuk mencapai hal ini salah satunya yang harus ditegakkan adalah peningkatan disiplin di sekolah”.
Untuk memberhasilkan hal ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias menghimbau kepada seluruh Kepala sekolah SD dan SMP yang seluruhnya 215 sekolah untuk membentuk Group whatsapp dengan memasukkan nomor whatsapp Plt. Kadis dan Kabidnya bahkan Pengawas sekolah.
“Dan setiap guru-guru serta Kepala sekolah cara absen dengan foto selfi setiap datang dan foto selfi setiap pulang dan daftar hadir manual di whatsapp setiap pukul 8.00 wib tepat, hal ini sebagai bukti absensi di seluruh sekolah terutama di sekolah yang belum menggunakan finger print apalagi jaringan listrik tidak ada ucapnya”.
Ia tambahkan kepada awak media bahwa sebelum menjadi Plt Kadis, Saya pernah menjabat Camat  Terbaik Kabupaten Nias, meskipun saya di kritik terkait aturan kedisplinan ini.
“Beliau menjelaskan bahwa hal ini adalah bagian dari monitoring kami dari Dinas Pendidikan kabupaten Nias”.
Dimana monitoring itu ada dua macam, monitoring secara langsung di lapangan, dan memonitoring melalui alat media Hp membentuk Group whatsapp dengan memasukkan nomor whatsapp Plt. Kadis dan Kabidnya bahkan Pengawas sekolah sehingga cepat dan efesien.
“Jadi, kalau kami memonitoring langsung di lapangan secara keseluruhan dengan 215 sekolah, maka kami tidak lagi bisa masuk di kantor setiap hari tentu tugas dinas lain terganggu, Jelasnya sambil mengajak foto bersama dengan rekan-rekan media”. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button