KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Berikan Materi Pemahaman Dan Ketahanan Nasional Kepada Jajaran ASN Bakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya

KABUPATEN TASIKMALAYA-JABAR || suaraindependentnews.id – Bertempat di Aula Kantor Bakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P Berikan Materi Wasbang Kepada Para ASN serta penandatanganan fakta Integritas Netralitas ASN di lingkungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tasikmalaya yang di ikuti Kurang Lebih 40 orang dan acara ini turut dihadiri oleh Kabankesbangpol Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan, S.IP., Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP Para ASN jajaran Bakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 21 November 2023.

Pembacaan dan Penandatanganan fakta Integritas Netralitas ASN dipandu oleh Kabankesbangpol, dengan Isi penandatanganan Sebagai berikut ; Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, kami berikrar ;
1). Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.
2). Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada Pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

Dalam kegiatan ini Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P berikan materi Wasbang kepada Para ASN jajaran Bakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya yang bertujuan ;
a). Meningkatkan rasa Kebangsaan.
b). Meningkatkan Paham Kebangsaan.
c). Meningkatkan Semangat Kebangsaan dan MAKNA WASBANG yang diberikan meliputi ;
a) Mengutamakan Kepada Seluruh Bangsa Agar Menempatkan Persatuan, Kesatuan Seperti Kepentingan dan Keselamatan Bangsa dan Negara Diatas Kepentingan Pribadi dan Golongan
b)Bangsa Indonesia Sanggup dan Rela Berkorban untuk Kepentingan Bangsa
c)Mempertahankan Azas Bhinneka Tunggal Ika dalam Arti Persatuan tidak Mematikan Keanekaan dan Kemajemukan, Sebaliknya Keanekaan dam Kemajemukan Memperkaya Persatuan
d) Mengutamakan agar Para Warga Membina dengan Jiwa Besar, dengan Setia Cinta Tanah Air dan Bangsa Tanpa Kepicikan Jiwa.

Dandim pun memberikan arti dari Pengertian Ketahanan Nasional yaitu Suatu Bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, kekuatan Nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala Tantangan, Hambatan dan Ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.
a) Fungsi Ketahanan Nasional
1). Pertahanan Militer
2). Ketahanan Ekonomi
3). Ketahanan Politik
4). Ketahanan Sosial
5). Ketahanan Lingkungan
6). Ketahanan Teknologi dan Cyber
7). Ketahanan Budaya dan Identitas
8). Ketahanan Pangan dan Energi.

Wawasan kebangsaan memberikan dasar untuk pemahaman identitas nasional suatu negara, yang mencakup bahasa, budaya, sejarah, dan nilai-nilai bersama. Identitas nasional yang kuat dan dipahami dengan baik melalui wawasan kebangsaan dapat menjadi landasan untuk membangun ketahanan nasional.
Wawasan kebangsaan menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan di antara berbagai kelompok masyarakat yang memiliki
Keberagaman etnis, budaya, dan agama.

Pemahaman wawasan kebangsaan dan ketahanan Bangsa adalah aspek penting dalam membangun pondasi yang kokoh untuk suatu Negara.
Dengan memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep tersebut, sebuah Negara dapat membangun pondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan dan perubahan, Serta mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Kesadaran akan identitas Nasional dan kesiapan untuk berkolaborasi secara aktif adalah kunci untuk mencapai ketahanan Bangsa yang kokoh dan berkelanjutan. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button