KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna Hadiri Peresmian Menara Kujang Sepasang Di Jatigede Sumedang

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., M.Han mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo., S.I.P., menghadiri peresmian menara Kujang sepasang bertempat di Area Menara Kujang Sepasang Desa Jemah Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang Jabar, Minggu 13 Agustus 2023.

Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.IP., MM., M.Han dan Gubernur Jabar Dr. H.M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.Dr. (H.C.) beserta rombongan tiba dipintu utama masuk Mesjid Al Kamil Panenjoan disambut oleh Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu, M.Si., (Han), Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, S.T.,M.M., beserta Forkopimda Kabupaten Sumedang dan Wakil Bupati Sumedang H.Herman Setiawan.S.E., dengan udiiringi seni angklung buncis dan barikade seniman pencak silat puragabaya, dilanjutkan transit di tempat yang sudah disiapkan.

Acara diawali dengan pembukaan, doa serta dilanjutkan sambutan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, S.T.,M.M., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Jabar, Danrem 062/Tn beserta rombongan, terima kasih atas kehadirannya. Karena dengan kehadiran bapak tentu merupakan suatu kehormatan kebahagiaan, kebanggaan dan motivasi tersendiri bagi pemda Sumedang.

Untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam menyelenggarakan pemerintahan melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, Itulah hakikat kita tujuan kita berbangsa dan bernegara.

Tentunya pemerintah Sumedang sangat bersyukur dan berbahagia hari ini akan diresmikan sebuah monumen yang luar biasa, sesuatu yang sangat monumental bagi pembangunan di Sumedang dan di Jawa Barat kita dihadapan kita telah berdiri dengan tegak menara kujang dengan penuh pengharapan menara kujang sepasang ini semakin memajukan provinsi Jawa Barat menjadi provinsi yang juara dan Sumedang semakin Simpati setidaknya, ada dua makna dari peresmian menara kujang sepasang ini.

Pertama, adalah kita menjaga budaya yang tradisi Sunda yaitu senjata pusaka Kujang.

Kedua, adalah bagaimana akan bergeraknya roda ekonomi di sektor pariwisata di Kabupaten Sumedang dengan adanya menara ini, potensi ini tentunya akan banyak mendatangkan wisatawan masuk datang ke Sumedang akan menggerakkan ekonomi akan menciptakan pertumbuhan ekonomi akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akhirnya akan bermuara kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sambutan Gubernur Jawa Barat
Dr. H.M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.Dr. (H.C.) menyampaikan dalam peresmian Kujang kembar adalah milik warga Sumedang Jawa Barat, maka lahirlah gagasan menara Kujang dimana di dalamnya nanti dalam waktu 4 bulan akan ada museum koleksi kuda-kuda tertua, di dunia akan dikumpulkan disini, sehingga menjadi sarana edukasi tentang budaya Sunda di Jawa Barat di sinilah Monumennya.

Kegiatan ini, saya bikin sesuai keharmonisan dalam sifat budaya Jawa Barat semua harus seperti keluarga bahagia menjadi wadah keberlanjutan peradaban. Maka lahirlah gagasan namanya Kujang sapasang suami istri di belakangnya ada dua kujang berpasangan jangan sampai ada dua tinggi dua rendah dua karena itu adalah filosofi peradaban manusia yaitu keluarga ibu dan Bapak, saya mengingatkan hidup itu harus seimbang antara dunia dan akhirat.

Monumen ini harus ada di sekitar masjid maka dilahirkanlah disini menyeimbangkan dengan 3 filosofi yaitu agama, budaya dan teknologi.

Setelah itu, pijit serine oleh Gubernur Jabar bersama Bupati Sumedang dan penanda tanganan prasasti peresmian menara kujang sapasang serta tari Kujang sapasang.

Proses pengguntingan pita sebagai simbol diresmikannya menara Kujang sapasang oleh Gubernur Jabar, didampingi Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

Acara diakhiri meninjau menara Kujang Sapasang.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Para Pju Pemprov Jabar.,
Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah., Kajari Sumedang., Ketua Pengadilan Negeri Sumedang., Sekda Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suyatman, M.Si., Danyon Raider 301/PKS., Dansubdenpom Sumedang., Para SKPD Kabupaten Sumedang., Ketua MUI Kabupaten Sumedang., Forkopimcam Jatigede., Kepala Desa Jemah., Kepala Cabang BJB Sumedang., Direktur Bank Sumedang., Direktur Kampung Makmur., Tokoh masyarakat., Tokoh Budaya Sumedang serta tamu undangan lainnya. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button